Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Maret, pemilihan serentak 517 kepala kampung di Yahukimo
  • Minggu, 29 Januari 2017 — 16:13
  • 1062x views

Maret, pemilihan serentak 517 kepala kampung di Yahukimo

“Pemilihan kepala kampungnya akan dilakukan serentak dalam bulan Maret, setelah itu baru kami lantik semuanya bersama-sama,” kata bupati Abock Busup via seluler kepada Jubi di Jayapua, Minggu (29/1/2017).
Bupati Abock Busup foto bersama usai menyalurkan dana desa tahap II kepada para kepala kampung di Yahukimo, disaksikan anggota dewan, Desember 2016. - Jubi/Dok Humas Pemkab Yahukimo
Yuliana Lantipo
yuliana_lantipo@tabloidjubi.com
Editor :

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Sebanyak 517 kepala kampung dari 51 distrik di Kabupaten Yahukimo, pada Maret mendatang, akan segera diganti dan dilantik. Pemilihan ratusan kepala kampung itu nantinya akan dilakukan secara serentak.

“Pemilihan kepala kampungnya akan dilakukan serentak dalam bulan Maret, setelah itu baru kami lantik semuanya bersama-sama,” kata bupati Abock Busup via seluler kepada Jubi di Jayapua, Minggu (29/1/2017).

Abock Busup menuturkan banyak laporan telah didengarnya terkait kinerja para kepala kampung. Dari laporan itu, anggaran tidak digunakan semestinya untuk menyelenggarakan program-program pembangunan warga dan kampungnya, seperti peningkatan ekonomi warga kampung maupun kebutuhan warga pada isu kesehatan dan pendidikan.  

Ia meminta masyarakat di semua kampung untuk mempersiapkan calon kepala kampungnya secara matang. Pasalnya, masyarakat kampung masing-masing turut memiliki andil terkait kinerja calon kepala kampungnya tersebut.

“Baik atau buruk, ada program di kampung atau tidak, kepala kampung hadir dan hidup bersama masyarakat di kampung atau tinggal di kota lain, itu semua tidak lepas dari masyarakat kampung…masyarakat yang selalu dikampung jadi jangan sampai salah pilih orang,” pesan Abock kepada masyarakat Yahukimo melalui media ini.

Laporan warga kampung

Beberapa waktu lalu, sejumlah laporan warga Yahukimo terkait kinerja para kepala kampung telah sampai ditelinga bupati Abock Busup. Salah satunya dari masyarakat Distrik Saminage.

Pemerintah daerah telah menyalurkan dana desa dalam dua tahap, tahun 2016. Masing-masing kampung mendapat Rp350 juta pada tahap pertama dan Rp200 juta pada tahap kedua. Pembagian dana kampung disertai dengan buku petunjuk penggunaan dana dalam program kampung masing-masing serta format laporannya.

Pastor John Djonga, beberapa pekan lalu, menyampaikan anggaran tersebut tidak turun sampai di kampung. Salah satunya Kampung Puna, Distrik Saminage, yang hanya memiliki 6 kepala keluarga dan 36 orang, termasuk anak-anak.

“Tidak diimplementasikan di lapangan, umat yang tinggal di sana seperti kampung Puna, Distrik Saminage, mengaku belum pernah ketemu kepala kampung mereka. Saya lihat mereka hanya di kebun, tidak ada aktifitas lain,” jelas pastor, yang telah hidup di Saminage sejak 2012, dalam menjalankan misi pelayanan rohaninya. (*)

loading...

Sebelumnya

Tolak sekolah pola asrama, pemerintah Jayawijaya dinilai tidak peka pendidikan

Selanjutnya

Penjabat Bupati Tolikara lantik 428 pejabat eselon II, III, dan IV

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe