Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Pelayan kesehatan di Kabupaten Jayapura sering dapat perlakuan tidak menyenangkan
  • Sabtu, 24 September 2016 — 17:50
  • 744x views

Pelayan kesehatan di Kabupaten Jayapura sering dapat perlakuan tidak menyenangkan

Dikatakannya, petugas kesehatan yang melaksanakan tugasnya ini memang masih dalam usia muda, sehingga tak jarang oknum masyarakat menggoda mereka bahkan ada juga perlakukan yang kurang baik diterima oleh petugas kesehatan ini.
Puskesmas di Kota Sentani - Jubi/Engelbert Wally
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Victor Mambor

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Sentani, Jubi – Ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) pada pusat- layanan kesehatan di 19 Distrik di Kabupaten Jayapura, hampir dikuasai oleh kaum perempuan. Banyak dari mereka yang melaksanakan tugas pelayanan di setiap Puskesmas dan sering mendapat gangguan dan juga perlakuan yang kurang baik dari masyarakat setempat.

Abraham Demonggreng, anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jayapura mengatakan, dalam setiap kunjungan kerjanya ke daerah pemilihan III dan IV secara khusus pada sentra pelayanan kesehatan, banyak masukan dari para petugas dan juga masyarakat yang menyampaikan keluhan mereka terkait gangguan dan juga perlakukan yang kurang baik dari warga sekitar.

“Setiap kunjungan kerja kita, secara khusus Komisi C untuk bidang kesehatan di daerah ini, selain usulan dan masukan yang disampaikan oleh masyarakat, juga para petugas yang sedang melaksanakan tugas mereka. Meteka mengaku dalam melaksanakan tugas mereka kepada masyarakat, sering mengalami gangguan dan perlakukan yang kurang baik,” jelas Abraham Demonggreng di Sentani, Sabtu (24/9/2016).

Untuk itu, dirinya berharap kepada masyarakat setempat untuk bisa bekerja sama menjaga ketertiban dan kemanan  disaat para petugas kesehatan sedang melaksanakan tugasnya.

“Petugas yang ditempatkan di daerah terpencil harus berimbang, sehingga dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Henk Pataijera, Koodinator Badan Peduli Kesehatan (BPK) Kabupaten Jayapura. Dalam pengamatan pihaknya di setiap pusat kesehatan yang ada di kampung-kampung, hal yang dilaporkan ini memang sering terjadi.

“Laporan yang sama juga sudah kami dapatkan dari masyarakat, untuk itu kita usulkan kepada Pemerintah Kampungnya agar dalam Musrembang dibuatkan satu program Kampung Siaga. Agar dapat meminimalisir semua persoalan yang ada di setiap kampung,” ujarnya.

Dikatakannya, petugas kesehatan yang melaksanakan tugasnya ini memang masih dalam usia muda, sehingga tak jarang oknum masyarakat menggoda mereka bahkan ada juga perlakukan yang kurang baik diterima oleh petugas kesehatan ini.

“Kalau sebatas menggoda saja mungkin masih dalam kewajaran, tetapi kalau sudah dipengaruhi oleh minuman keras maka tentunya hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi,” katanya.

Sementara itu, dr Farid Kepala Bidang Pengembangan SDM dan Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura mengaku melakukan pendistribusian tenaga medis ke setiap Puskesmas di Kabupaten Jayapura, sesuai dengan kondisi dan fasilitas yang tersedia.

“Jadi kita di bagian SDM telah membagi semua petugas yang akan bertugas di seluruh Puskesmas di 19 distrik di daerah ini, baik itu petugas medis yang terdiri dari dokter, perawat, dokter gigi,serta bidan. Termasuk yang non medis yang meliputi tenaga akuntansi, driver, motoris hingga operator gensetnya. Semua petugas yang distribusi ini baik medis dan non medis akan disesuaikan dengan kondisi dan fasilitas yang tersedia, misalnya Polindes dan Pustu yang berada di setiap kampung dan sudah menjadi kebijakan Dinas Kesehatan,” tuturnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Dua Puskesmas di Kabupaten Jayapura disiapkan sebagai Puskesmas akreditasi

Selanjutnya

Masih banyak puskesmas belum paham pergub nomor 8

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe