Konferensi Luar Biasa
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Advertorial
  3. Tokoh intelektual dan adat berkomitmen menangkan pasangan Mario
  • Senin, 30 Januari 2017 — 05:17
  • 926x views

Tokoh intelektual dan adat berkomitmen menangkan pasangan Mario

“Kita tidak boleh menipu diri kita sendiri sebagai masyarakat adat, bahwa sesungguhnya yang menjadi pilihan kita semua adalah orang yang benar-benar tahu dan memperhatikan nasib masyarakatnya. Mathius Awoitauw adalah orangnya,” ucapnya.
Para tokoh intelektual dan tokoh masyarakat adat yang membuat komitmen kepada Mario ketika memberikan keterangan pers. – Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Yuliana Lantipo

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Sentani, Jubi – Ratusan pendukung, yang terdiri dari sejumlah tokoh adat, kaum intelektual, dan masyarakat umum, berkomitmen memberikan dukungan penuh kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jayapura: Mathius Awoitauw dan Giri Wijayantoro (Mario), di pendopo Ondoafi Frans Alberth Joku di Sentani, Jumat (27/1/2017), pekan kemarin.

Hadir dalam acara tersebut, sejumlah ondofolo dari Sentani Timur hingga Sentani Barat, Moi, dan Waibhu.  

Dalam sambutannya, Ondofolo Kampung Ifar Besar, Frans Alberth Joku, mengatakan bahwa sebelum gema Pilkada dicanangkan, dirinya sudah menaruh pilihan pada sosok Mathius Awoitauw, sehingga dirinya tidak melakukan aksi dukungan kepada kandidat lain selain paslon Mario.

Frans Joku berpendapat, sejak lama, kepemimpinan Mathius Awoitauw pada program pembangunan di Jayapura sangat jenius dan berpihak pada kepentingan masyarakat, khususnya masyarakat adat. Ia telah memberikan ruang dan kesempatan yang sebesar-besarnya untuk melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik yang selama ini tidak diperhatikan oleh pemerintah sebelumnya.

“Saya tidak pernah memberikan dukungan kepada siapapun dalam tahapan pesta demokrasi ini berlangsung. Pilihan saya sejak awal sudah ada di pak Mathius Awoitauw, karena apa yang dilakukan selama kepemimpinannya cukup baik dan telah mengangkat harkat dan martabat kami selaku masyarakat pemimpin dan masyaraka adat di daerah ini,” jelas Frans Albert Joku.

Tahapan Pilkada yang sedang dilaksanakan ini, menurut Joku, hanyalah sebuah proses yang sedang dilewati secara bersama dan sesungguhnya gema kemenangan dari apa yang dicita-citakan sudah ada di depan mata.

“Kita tidak boleh menipu diri kita sendiri sebagai masyarakat adat, bahwa sesungguhnya yang menjadi pilihan kita semua adalah orang yang benar-benar tahu dan memperhatikan nasib masyarakatnya. Mathius Awoitauw adalah orangnya, karena dia juga anak adat sehingga tidak ada kata tawar menawar dari kita semua. Tahapan Pilkada ini hanya proses saja yang kita lalui, sesungguhnya kemenangan sudah ada untuk kita,” ucapnya.

Mewakili kaum intelektual, Yohannes  Eluay yang juga politisi Partai Golkar dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal yang menjadi pekerjaan rumah kepada Paslon yang mereka yakini akan menang dalam Pilkada tahun 2017. Ia juga mengkrtisi sejumlah tokoh adat yang tidak memberikan dukungan kepada pasangan Mario.

“Sebagai anak negeri khena mbai umbai saya harus jadi tuan di negeri ini, oleh sebab itu saya titip pesan ini kepada pasangan Mario agar ketika kelak menjadi pemimpin di daerah ini maka harus mengangkat sumber-sumber ekonomi masyarakat kita yang ada hidup di pesisir danau Sentani.

“Tetapi saya juga mau mengkritisi kepada pemimpin adat kita yang telah memberikan  dukungannya kepada pasangan lain. Kalau sikap dan tindakan pemimpin adat sudah seperti ini, bagaimana dengan kami sebagai generasi penerus. Mustinya kita beri dukungan penuh bahkan memenangkan orang yang benar-benar memperhatikan masyarakat adat,” ujarnya.

Sementara itu, Cabub Mathius Awoitauw dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Pilkada adalah proses yang sedang kita lakukan untuk menggenapi apa yang selama ini menjadi keluhan bersama.

“Pilkada ini hanya proses, tetapi ada hal-hal penting dan besar yang harus dikerjakan setelah ini. Oleh sebab itu, dukungan dan pilihan kita semua adalah taruhan untuk mewujudkan semua yang dicita-citakan. Saya yakin dan percaya, proses tahapan dan Pilkada saat ini Tuhan sedang bekerja. Dan untuk menuju ke sana, kita semua harus menjaga dan megawal agar proses ini berjalan dengan baik dan sukses,” ucapnya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Ikut pembekalan, relawan Ones Pahabol untuk Papua Satu diminta bekerja jujur

Selanjutnya

Giri Wijiantoro dikukuhkan menjadi anak adat Sentani

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe