PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Penjabat Bupati Tolikara serahkan DPA 2017 ke pimpinan SKPD
  • Senin, 30 Januari 2017 — 05:43
  • 832x views

Penjabat Bupati Tolikara serahkan DPA 2017 ke pimpinan SKPD

Besem Gombo mengatakan penerbitan DPA tahun anggaran 2017 merupakan bagian dari kerja keras tim eksekutif dan legislatif. Ia mengapresiasi kerja keras tim anggaran yang berhasil menyusun DPA tersebut.
Penjabat Bupati Tolikara Besem Gombo didampingi Ketua I DPRD Tolikara Obama Tabo dan Sekda Tolikara Panus Kogoya menyerahkan DPA kepada tiga perwakilan pimpinan SKPD di Karubaga, Tolikara, pada Kamis (26/1/2017).- Jubi/Dok Humas Pemkab Tolikara
Yuliana Lantipo
yuliana_lantipo@tabloidjubi.com
Editor :

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Penjabat Bupati Tolikara Besem Gombo menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tolikara tahun 2017, pada Kamis, (26/1/2017).
 
Besem Gombo mengatakan penerbitan DPA tahun anggaran 2017 merupakan bagian dari kerja keras tim eksekutif dan legislatif. Ia mengapresiasi kerja keras tim anggaran yang berhasil menyusun DPA tersebut.

Besem Gombo, melalui Humas Pemkab Tolikara kepada Jubi, mengatakan DPA tersebut merupakan dokumen operasional yang akan menuntun para kepala SKPD dalam melaksanakan dan merealisasikan anggaran sebagaimana tertuang dalam tugas pokok dan fungsi pejabat pemerintah.

Besem mengingatkan para kepala SKPD untuk mematuhi beberapa hal. Pertama, pimpinan SKPD sebagai pengguna anggaran diharapkan selalu memegang teguh prinsip pengelolaan keuangan daerah dengan baik, taat pada peraturan yang berlaku. Para kepala SKPD diminta juga untuk profesional, optimal, efektif, dan efisien, transparan, serta bertanggungjawab dengan menjujung tinggi asas keadilan, kepatuhan, serta memperhatikan rencana kerja dan prioritas program yang telah ditetapkan.

“Untuk itu, semua harus megedepankan asas manfaat dan berorientasi pada hasil yang sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tolikara yang kita cintai bersama,” Besem Gombo mengingatkan kepala SKPD dalam sambutannya, seperti diterima Jubi via email.

Kedua, kepala SKPD diingatkan harus bertanggungjawab penuh dalam merealisasikan setiap program kegiatan yang tercantum dalam DPA. “Perhatikan estimasi waktu yang tersedia agar memiliki rencana dan jadwal kerja yang jelas dalam pelaksanaan DPA sehingga kegiatan tidak menumpuk di akhir tahun serta penyerapan anggaran dapat berjalan semestinya,” ucap Besem.

Ketinga, mereka dituntut meningkatkan kualitas belanja APBD dengan memastikan alokasi anggaran benar-benar dimanfaatkan untuk program dan kegiatan yang memiliki nilai tambah besar bagi masyarakat. Lanjutnya, semua program harus terlaksana secara rinci, terpadu antara program lainnya dan yang terpenting adalah harus sejalan dengan arah kebijakan dan prioritas pembangunan di tahun 2017.

Keempat para kepala SKPD diminta pengajuan rivisi agar disampaikan selambat-lambatnya akhir Mei 2017 sesuai dengan regulasi keuangan Pemerintah Republik Indonesia. Namun perlu diingat juga bahwa bagi kepala SKPD yang mengajukan revisi DPA melebihi 30 persen dari total anggaran dalam DPA maka SKPD yang dipimpinnya akan dikenakan sangsi tegas sesuai dengan aturan keuangan pemerintah RI berupa pencopotan dari jabatan, sebab kepala SKPD itu dinilai belum siap dalam perencanaan.

Kelima, atau pesan terakhir, para kepala SKPD dituntut harus bisa menjawab semua persolan yang timbul di tengah-tengah masyarakat sesuai dengan tupoksi masing-masing. Sehingga semua persoalan tersebut bisa dapat terminimalisir.

“Masalah-masalah yang seharusnya dapat terealisasikan di lingkup SKPD itu tidak selalu di arahkan kepada pimpinan tertinggi di daerah,” pesannya. (*)

Sebelumnya

Peringati HUT, PAR GKI Betlehem Wamena gelar berbagai lomba

Selanjutnya

Puluhan pegawai Dinkes Jayawijaya palang kantor

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua