Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Infrastruktur
  3. OAP di wilayah pegunungan paling butuh rumah layak huni
  • Senin, 30 Januari 2017 — 15:48
  • 1361x views

OAP di wilayah pegunungan paling butuh rumah layak huni

"Rumah layak huni inikan untuk orang asli Papua. Kalau melihat penyebaran penduduk asli Papua, kebanyakan berada di wilayah pedalaman. Termasuk daerah pegunungan Papua," kata Nioluen pekan lalu.
Aanak-anak di salah satu kabupaten di Pegunungan Papua - Jubi/Victor Mambor
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DPR Papua, Nioluen Kotouki menyatakan, masyarakat asli Papua di wilayah pegunungan Papua seperti daerah Lapago paling membutuhkan rumah layak huni. Rumah layak huni khusus orang asli Papua itu merupakan program pemerintah provinsi Papua dibawah kepemimpinan Gubenur Lukas Enembe.

"Rumah layak huni inikan untuk orang asli Papua. Kalau melihat penyebaran penduduk asli Papua, kebanyakan berada di wilayah pedalaman. Termasuk daerah pegunungan Papua," kata Nioluen pekan lalu.

Katanya, hingga kini masih banyak masyarakat di wilayah pegunungan apalagi yang ada di pedalaman, belum memiliki rumah layak huni.

Hanya saja ia ragu apakah pembangunan 13 ribu unit rumah layak huni sudah rampung 80 persen seperti yang diklaim Dinas PU Papua, selaku SKPD yang diberikan tanggungjawab.

"Keraguan itu muncul karena ketika saya reses dan kunjungan kerja Distrik Pirime, Kabupaten Lanny Jaya baru 16 unit rumah layak huni yang rampung. Padahal laporan dari pihak terkait sudah 30-60 unit. Rumah yang lain dibangun di distrik mana," ujarnya. 

Ia meminta Gubernur membentuk tim untuk memastikan apakah laporan yang diterima sesuai kondisi lapangan.

"Jangan sampai hanya di atas kertas teralisasi. Tapi di lapangan tak seperti itu. Itukan sama saja bohong kepada masyarakat, pimpinan dan negara," katanya.

Sementara Kepala Bappeda Provinsi Papua, Muhammad Musaad menyatakan pihaknya optimis target 13 ribu rumah layak huni bisa rampung, 2018 mendatang.

"Hingga kini sudah sebanyak sembilan ribu unit rumah layak huni yang dibangun. Tahun ini diperkirakan bisa mencapai 12 ribu unit dan pada 2018 mendatang mencapai target 13 ribu. Kami optimistis," kata Musaad belum lama ini. (*)

loading...

Sebelumnya

Pastikan perbaikan kabel FO, Pemprov Papua kunjungi Kapal Nusantara Explorer

Selanjutnya

Landasan pacu bandara Yahukimo perlu diperpanjang

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe