PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Dana Prospek direncanakan langsung ke rumah tangga
  • Senin, 30 Januari 2017 — 20:32
  • 621x views

Dana Prospek direncanakan langsung ke rumah tangga

"Namun hal ini masih akan dilakukan konsultasi dengan pak Gubernur, jika disetujui maka model itu akan kita gunakan pada sisa masa jabatan ini," kata Kepala Badan Perencanan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua, Muhammad Musaad, di Jayapura, Senin (30/1/2017).
Kantor Gubernur Provinsi Papua - Dok. Jubi
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua berencana akan mengalihkan penyaluran dana Program Strategis Pembangunan Ekonomi dan Kelembagaan Kampung (Prospek) yang sebelumnya diserahkan langsung ke aparat kampung sebesar Rp100 juta untuk dikelola, kini di beriberikan langsung kepada tiap rumah tangga.

"Namun hal ini masih akan dilakukan konsultasi dengan pak Gubernur, jika disetujui maka model itu akan kita gunakan pada sisa masa jabatan ini," kata Kepala Badan Perencanan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua, Muhammad Musaad, di Jayapura, Senin (30/1/2017).

Musaad mengatakan pengalihan pemberian dana Prospek dilakukan mengingat saat ini kampung/desa di Papua juga ada mendapat dana desa dari pemerintah pusat.

"Jadi kedepan tidak lagi dikelola oleh aparat kampung, tapi sasarannya langsung ke rumah tangga. Hal ini untuk menghindari adanya tumpang tindih dengan adanya dana desa yang cukup besar serta pengelolaanya bisa lebih tepat," kata Musaad.

Menurutnya, rencana itu buntut dari hasil tim monitoring dan evaluasi provinsi yang turun ke 29 kabupaten/kota pada 2016 lalu. Saat ini rencana pengalihan saat ini masih sementara di godok dengan mitra pembangunan.

"Dari hasil evaluasi penggunaan dana Prospek di kabupaten/kota, dana yang dikelola setiap kampung sudah cukup besar. Dana Prospek sebesar Rp100 dana desa sekitar Rp600 juta yang menyebabkan dana Prospek tidak nampak," ujarnya.

Secara terpisah, Mikha Tomkey, Warga Kota Jayapura mengatakan Prospek diharapkan mampu memecahkan permasalahan masyarakat di kampung-kampung.

"Kalau penyalurannya mau diubah silahkan saja, yang terpenting sasarannya harus jelas dan tepat sehingga kami masyarakat yang ada di kampung-kampung bisa merasakan manfaatnnya," kata Mikha. (*)

Sebelumnya

ASN Papua dilarang keluar daerah

Selanjutnya

Inggris tawarkan beasiswa untuk anak-anak Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua