Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Dunia
  3. Dugaan Sisa Batang Nuklir Ditemukan di PLTN Fukushima
  • Selasa, 31 Januari 2017 — 15:30
  • 1170x views

Dugaan Sisa Batang Nuklir Ditemukan di PLTN Fukushima

Tokyo, Jepang, Jubi    - Pengelola pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima yang hancur, Tokyo Electric Power (Tepco), telah menemukan sesuatu yang diduga sisa bahan bakar nuklir.
Para pekerja di kawasan reaktor nuklir Fukushima, Jepang (Jubi/Reuters )
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Syam Terrajana

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi 

Tokyo, Jepang, Jubi    - Pengelola pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima yang hancur, Tokyo Electric Power (Tepco), telah menemukan sesuatu yang diduga sisa bahan bakar nuklir.

Benda itu ditemukan di bawah reaktor nomor dua yang rusak, salah satu dari tiga unit yang mengalami pelelehan inti nuklir pada bencana 2011 lalu.

Jika temuan tersebut terkonfirmasi kebenarannya, itu akan menjadi sebuah terobosan besar dalam usaha untuk membersihkan PLTN itu, setelah adanya penundaan, kesalahan dan kebocoran radioaktif selama bertahun-tahun.

Tepco mendeteksi adanya gumpalan material berwarna hitam tepat di bawah reaktor, dalam sebuah pemeriksaan kamera, namun belum dapat mengkonfirmasi benda apa itu, seorang juru bicara mengatakan kepada wartawan Reuters.

Dalam bencana nuklir terburuk di dunia sejak kejadian Chernobyl pada 1986, tiga reaktor dari PLTN Fukushima mengalami pelelehan inti nuklir, setelah gempa berkekuatan 9 skala Richter mengguncang lepas pantai Jepang pada maret 2011, yang menyebabkan tsunami dan menghancurkan wilayah luas serta menewaskan lebih dari 15.000 orang.

Sekitar 160.000 orang warga meninggalkan tempat tinggal mereka, setelah pelelehan inti nuklir itu menyebabkan ledakan yang menyebarkan sejumlah material radioaktif ke penjuru perfektur Fukushima. 

Tepco perlu  waktu  dua bulan untuk mengakui reaktornya mengalami pelelehan, mengkonfirmasi pernyataan yang telah dikeluarkan oleh sejumlah pakar selama beberapa minggu.

Pihak Tepco telah melakukan beberapa hal, seperti menyingkirkan ratusan batang bahan bakar dari satu bangunan yang rusak. Namun gagal menemukan bahan bakar dari ketiga reaktor yang rusak itu.*

 

#

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Delapan Pesawat Antariksa Tiongkok ini Akan Jelajahi Mars

Selanjutnya

Polisi Brazil Tangkap mantan orang terkaya di dunia 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe