Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Infrastruktur
  3. Landasan pacu bandara Yahukimo perlu diperpanjang
  • Rabu, 01 Februari 2017 — 18:27
  • 1551x views

Landasan pacu bandara Yahukimo perlu diperpanjang

"Minimal panjangnya bisa mencapai 2.500 meter," kata Sinut kepada Jubi, Rabu (1/2/2017).
Pesawat Kepresidenan saat mendarat di Bandara Nop Goliat, di Dekai ibu kota Kabupaten Yahukimo - Dok. Jubi
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Legislator Papua dari daerah pemilihan Yahukimo, Yalimo dan Pegunungan Bintang, Sinut Busup menyatakan landasan pacu Bandara Nop Goliat, di Dekai ibu kota Kabupaten Yahukimo perlu diperpanjang.

Meski kini pembangunan bandara itu telah rampung, namun landasan pacu bandara panjangnya kurang lebih 1.950 meter perlu ditambah.

"Minimal panjangnya bisa mencapai 2.500 meter," kata Sinut kepada Jubi, Rabu (1/2/2017).

Landasan pacu Bandara Nop Goliat perlu diperpanjangan lantaran kedepan akan didorong menjadi bandara penghubung di wilayah pegunungan tengah Papua selain Bandara Wamena di Jayawijaya.

"Ini karena beberapa kabupaten di sekitar Yahukimo misalnya Pegunungan Bintang, Nduga dan wilayah Selatan diantaranya Asmat, Merauke, Asmat dan Bovendigoel jarak tempuhnya lebih memakan waktu singkat jika penerbangan dari Yahukimo ke Makassar atau Jayapura," ujarnya.

Katanya, Pemerintah Kabupaten Yahukimo telah bernegosiasi dengan sejumlah pemkab sekitar yakni Nduga, Asmat, Boven Digoel, Mappi, Pegunungan Bintang agar penerbangan bisa dilakukan dari bandara Nop Goliat Yahukimo ke sejumlah kabupaten itu.

"Apalagi beberapa maskapai direncanangan masuk ke Yahukimo. Selain Boeing milik Trigana, Wings Air direncanakan maskapai Batik Air rute Jakarta–Makassar–Jayapura–Dekai akan masuk. Juga masuk maskapai Deraya dan Hercules," katanya.

Bupati Yahukimo, Abock Busup juga mengajak Maskapai Garuda membuka penerbangan langsung Jakarta-Yahukimo maupun rute Jayapura-Yahukimo-Merauke melaluai Bandara Nop Goliat.

"Penerbangan langsung bisa mendorong pelayanan angkutan udara di Bandara Nop Goliat, Dekai. Dengan rute penerbangan langsung ke Yahukimo dapat mendorong percepatan pembangunan daerah dan meningkatkan pembangunan ekonomi masyarakat setempat," kata Abock belum lama ini.

Penambahan panjang landasan pacu Bandara Yahukimo merupakan proyek Kementerian Perhubungan dengan alokasi anggaran senilai Rp350 miliar. Ditargetkan, pengerjaannya rampung tahun ini. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

OAP di wilayah pegunungan paling butuh rumah layak huni

Selanjutnya

Empat infrastruktur kelistrikan di Papua rampung akhir 2017

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe