PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Tahun depan Timika jadi kota ukuran inflasi Papua
  • Kamis, 02 Februari 2017 — 06:56
  • 741x views

Tahun depan Timika jadi kota ukuran inflasi Papua

"Keinginan kami Kota Wamena ikut sebagai pengukur angka inflasi sehingga nantinya bisa mengukur inflasi di daerah Pegunungan, tetapi yang disetujui Timika dan kami berharap akan ada persiapan-persiapannya," ujarnya.
Jumpa pers di Badan Pusat Statistik (BPS) Papua - Jubi/ Sindung Sukoco.
Sindung Sukoco
sindung@tabloidjubi.com
Editor : Syofiardi

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Jumlah kota Indeks Harga Konsumen (IHK) yang dipakai Badan Pusat Statistik (BPS) Papua untuk mengukur angka inflasi di Provinsi Papua akan bertambah.

"Ke depan angka inflasi yang masih dihitung dari dua  kota IHK di Papua yaitu Kota Jayapura dan Merauke akan ditambah dengan Kota Timika," ujar Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Papua Bambang Wahyu Ponco Aji kepada Jubi, Rabu (1/2/2017).

Ia mengatakan, pengajuan penambahan kota mengukur angka inflasi ini sudah dilakukan beberapa tahun lalu dan baru disetujui sekarang. BPS Pusat telah menyetujui menambah Kabupaten Mimika atau Kota Timika menjadi salah satu pengukur angka inflasi di Papua.

"Keinginan kami Kota Wamena ikut sebagai pengukur angka inflasi sehingga nantinya bisa mengukur inflasi di daerah Pegunungan, tetapi yang disetujui Timika dan kami berharap akan ada persiapan-persiapannya," ujarnya.

Wahyu mengaku penambahan tersebut akan menambah khasanah angka inflasi secara menyeluruh di Papua.

Menurutnya, beberapa persiapan yang harus ada dan menentukan data seperti kestabilan bahan-bahan data, kesiapan pengumpul data, dan lainnya.

"Kita harap tahun ini bisa masuk data dari Timika meski persiapan butuh satu tahun dan melakukan proses pencacahan butuh satu tahun juga, kemungkinan 2019 akan bisa masuk," ujarnya.

Wahyu, ekonom muda di Jayapura, melihat rencana penambahan kota untuk melihat angka inflasi di Papua sangat disetujuinya.

"Kita bisa lihat seperti apa nantinya di daerah Pegunungan dan pantai secara menyeluruh, seharusnya itu perlu jika ingin membangun Papua secara menyeluruh, dan tepat solusinya," ujarnya. (*)

Sebelumnya

Komisi II DPR Papua akan kawal pembangunan pabrik ubi jalar

Selanjutnya

Harga bensin bersubsidi di Waisai tidak stabil

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua