Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Pemkab diminta bangun dermaga dan terminal permanen di Yahim
  • Kamis, 02 Februari 2017 — 07:05
  • 1157x views

Pemkab diminta bangun dermaga dan terminal permanen di Yahim

Di kawasan itu juga masyarakat pesisir dapat menjual hasil-hasil alam dan laut yang diperolehnya. Maka dari itu, dermaga dan terminal permanen dianggap mendesak untuk menunjang perekonomiannya.
Kondisi terminal dan dermaga Yahim ketika air Danau Sentani meluap beberapa waktu lalu - Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Sentani, Jubi - Pemerintah Kabupaten Jayapura diminta agar segera membangun terminal dan dermaga permanen di Pantai Yahim, Kelurahan Dobonsolo, Sentani.

Dermaga yang dugunakan selama ini bukan dermaga tambatan perahu atau speedboat yang biasa melayani masyarakat pesisir Danau Sentani.

Dermaga dan terminal di Yahim merupakan salah satu penghubung dan pusat aktivitas perekonomian masyarakat antarpulau di pesisir danau dengan masyarakat kota lainnya.

Di kawasan itu juga masyarakat pesisir dapat menjual hasil-hasil alam dan laut yang diperolehnya. Maka dari itu, dermaga dan terminal permanen dianggap mendesak untuk menunjang perekonomiannya.

Sejak akhir tahun lalu hingga awal tahun ini Dermaga Yahim digenangi air akibat meluapnya danau terbesar di Papua ini. Tokoh masyarakat Kampung Simporo, Yahya Tokoro bahkan mempertanyakan keseriusan Pemkab Jayapura terhadap kemajuan pembangunan di daerah ini.

"Yang namanya dermaga atau terminal transit antarpulau selalu dikelola pemerintah setempat. Sampai hari ini, terminal dan dermaga yang dianggap penting sebagai penyalur hasil-hasil produksi diabaikan begitu saja. Oleh sebab itu, kita meminta agar pemerintah dapat memperhatikan fasilitas pelayanan yang sangat dibutuhkan ini," katanya kepada Jubi di Sentani, Rabu (1/2/2017).

Kepala Kelurahan Dobonsolo, Marthen Felle kepada Jubi mengaku pihaknya sedang berkoordinasi dengan Pemkab Jayapura. Menurutnya pembangunan talud dan dermaga permanen dikerjakan tahun ini.

"Hal ini sudah kami usul kepada pemerintah daerah. Kita terus melakukan koordinasi untuk penganggaran serta pekerjaannya," kata Marthen.

Ia mengatakan, memang daerah ini masih dalam tahapan pilkada dan belum ada pemimpin definitif. Kebijakan pembangan infrastruktur harus melalui pemimpin yang definitif. (*)

loading...

Sebelumnya

KPU sortir surat suara pilkada Kabupaten Jayapura

Selanjutnya

Status UGD Yowari ditingkatkan menjadi IGD

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe