PapuaMart
close
Banner iklan disini
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lingkungan
  3. Sejumlah kampung di kaki Gunung Cycloop kesulitan air bersih
  • Kamis, 02 Februari 2017 — 18:32
  • 742x views

Sejumlah kampung di kaki Gunung Cycloop kesulitan air bersih

“Desember dan Januari kemairin memang kami sulit dapat air bersih, pada Desember tiga kali airnya macet, sebab kalau hujan pipa utama sering ditutupi pasir, sehingga air kadang muncul kadang tidak,” kata Carles Demetowu, seorang warga kepada Jubi, Rabu (1/2/2017)..
Bak air bersih di Kampung Pos-7 –Jubi/ Yance Wenda.
Yance Wenda
yan_yance@ymail.com
Editor : Syofiardi

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Sentani, Jubi – Warga di sejumlah kampung yang terletak di sekitar kaki Gunung Cycloop, Kabupaten Jayapura kesulitan mendapatkan air bersih sejak kawasan itu dilanda hujan dalam dua bulan terakhir.

Selain itu warga, di Kampung Toldan, Sereh, Pos-7, Milinik, Sosial ,dan Kemiri tersebut juga belum menikmati air bersih langsung di rumah mereka karena bak penampung air dan pipa belum sampai ke rumah-rumah.

“Desember dan Januari kemairin memang kami sulit dapat air bersih, pada Desember tiga kali airnya macet, sebab kalau hujan pipa utama sering ditutupi pasir, sehingga air kadang muncul kadang tidak,” kata Carles Demetowu, seorang warga kepada Jubi, Rabu (1/2/2017)..

Permintaan perbaikan pipa tersebut, kata Demetowu, pernah disampaikan kepada Pemkab Jayapura.

“Sudah ada kunjungan dari Pemkab dan mereka usul untuk memasang meteran di rumah-rumah, sebagian sudah dipasang ,dan sebagian belum,” katanya.

Warga lainnya, Demmy mengatakan, jika hujan dan banjir air di bak bercampur pasir-pasir kecil. Ini kelihatan ketika dimasak atau digunakan untuk mencuci..

“Apalagi di lokasi kami belum ada bak yang dapat menampung air bersih,” ujarnya.

Ia berharap Pemkab Jayapura segera memperbaiki dan pembenahan fasilitas air bersih di kampungnya agar pembangunan merata, baik di kota, pinggir kota, maupun lereng-lereng gunung.

“Mata air ada, kami minta tolong Pemkab memperhatikan hal ini, kalau dibiarkan efeknya nanti bahaya kesehatan masyarakat,” katanya.

Demmy berharap pemasangan pipa yang sudah lama dikerjakan tidak dibiarkan begitu saja.

“Pipa yang sudah dipasang lama itu difungsikan, sayang sudah mengeluarkan uang banyak, kalau ada masalah soal lokasi pembuatan bak air bicara dengan RT dan pemilik lokasi agar air bersih ini bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” katanya. (*)

Sebelumnya

Ulang tahun ke-16, CPA berikan penghargaan kepada sejumlah pihak

Selanjutnya

Perburuan pari macan makin marak di Sorong

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua