Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Infrastruktur
  3. Kemenhub akan berikan subsidi barang untuk Papua
  • Minggu, 25 September 2016 — 14:05
  • 1063x views

Kemenhub akan berikan subsidi barang untuk Papua

Menurutnya, saat ini Kemenhub sedang mengkaji subsidi khusus untuk wilayah Papua, sehingga dimungkinkan adanya tambahan pesawat terbang ke Ilaga dan daerah-daerah terpencil lainnya.
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi - tempo.co
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Victor Mambor

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi - Guna menekan disparatis harga antara Indonesia bagian Barat dan Timur, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memberikan subsidi barang untuk Papua, khususnya wilayah Pegunungan.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Djuli Mambaya, mengatakan kunjungan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi beberapa waktu lalu telah mengusung konsep tol udara, salah satunya subsidi angkutan logistik dengan pesawat udara.

"Intinya, Menteri Perhubungan akan memberikan subsidi barang untuk Papua. Jadi tidak hanya penumpang yang akan mendapat itu," kata Djuli Mambaya kepada wartawan, di Jayapura, Minggu (25/9/2016).

Menurutnya, saat ini Kemenhub sedang mengkaji subsidi khusus untuk wilayah Papua, sehingga dimungkinkan adanya tambahan pesawat terbang ke Ilaga dan daerah-daerah terpencil lainnya.

"Prinsipnya pemerintah akan mendukung konektivitas dalam rangka menekan mahalnya biaya logistik di papua," ucapnya.

Ia menambahkan, Kabupaten Puncak mendapatkan kesempatan pertama dari program tol udara. Dengan demikian, untuk menunjang, pihaknya akan segera meningkatkan infrastruktur yang ada dengan menambah panjang runway.

"Runway baru di Ilaga atau bergeser sekitar 23 derajat dari runway lama, sehingga pesawat ATR atau hercules bisa mendarat. Jadi ini menjadi spesial bagi kabupaten Puncak," kata Djuli.

Dia menambahkan dengan adanya tol udara dan subsidi bagi Papua tentu akan membuka percepatan pembangunan di wilayah pedalaman, sehingga konsep ini akan dimaksimalkan oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi Papua, kabupaten dan kota sera dinas perhubungan.

"Ini merupakan perhatian dari pemerintah pusat khususnya dari Kementerian Perhubungan dalam rangka membuka keterisolasian dan menurunkan harga kebutuhan pokok di wilayah Papua," ucapnya.

Secara terpisah, Hengki Mayor, Warga Kelurahan Bhayangkara, Kota Jayapura menilai, apa yang direncanakan pemerintah pusat untuk Papua sudah sangat baik. Namun dirinya berharap hal itu tidak hanya sebatas omongan tanpa tindakan nyata yang bisa dinikmati langsung oleh masyarakat.

"Jangan hanya janji janji, yang masyarakat butuhkan saat ini program yang betul betul nyata dan bisa dinikmati langsung," kata Hengki. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Dispendukcapil Kota Jayapura perkuat layanan melalui fasilitas online

Selanjutnya

PHRI: PON 2020 butuh 6.000 kamar hotel

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe