Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Panwas Kota Jayapura gelar Bimtek bagi panwas distrik dan PPL
  • Jumat, 03 Februari 2017 — 12:03
  • 1173x views

Panwas Kota Jayapura gelar Bimtek bagi panwas distrik dan PPL

“Saya menegaskan kepada peserta untuk jelih mengawal proses ini ketika proses pemilihan hingga tahap hitung berlangsung,” kata Tjipto Wibowo saat menyampaikan materi di salah satu hotel di Jayapura, Kamis (2/2/2015).
Panwas kota Jayapura saat menyelenggaraka Bimtek yang dihadiri pengawas dari PPD dan PPL se kota Jayapura. – Jubi/Hengky Yei
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Yuliana Lantipo

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Panitia Pengawas Pilkada kota Jayapura Gelar bimbingan teknis dan rekapitulasi hasil perhitungan surat suara serta penetapan hasil wali kota dan wakil wali kota bagi Panwas Distrik dan PPL se-Kota Jayapura.

Anggota Komisi Pemilihan Umum Kota Jayapura Tjipto Wibowo memaparkan materi terkait tahapan pilkada kota Jayapura sekaligus teknis pelaksanaan pilkada hingga pemungutan surat suara.

“Saya menegaskan kepada peserta untuk jelih mengawal proses ini ketika proses pemilihan hingga tahap hitung berlangsung,” kata Tjipto Wibowo saat menyampaikan materi di salah satu hotel di Jayapura, Kamis (2/2/2015).

“Banyak hal-hal teknis yang perlu dipelajari dari pengalaman pilkada sebelumnya, misalanya di satu TPS banyak masyarakat datang, namun surat suara sedikit sehingga terjadi kekurangan surat suara. Atau bisa jadi sedikit orang yang memunyai KTP elektronik. Kalau terjadi demikian bisa kita beri rujukan ke TPS terdekat untuk melakukan pencoblosan, hal itu ada dalam PKPU No. 14 Tahun 2016,” Tjipto menjelaskan.

Ia menjelaskan kepada Panwaslu distrik dan PPL tentang perlunya mengantisipasi masyarakat yang terlambat datang untuk menyalurkan hak memilih. “Sebab dalam peraturan PKPU itu menjelaskan waktu pencoblosan itu akan berlangsung mulai pukul 07.00-13.00 wit. Tidak boleh kita menambah waktu atau mengurangi waktu. Sehingga perlu dilakukan sosialisasi ke basis massa.”

Tjipto mengatakan, KPPS juga dapat berjalan melayani di rumah sakit. Sementara untuk pemilih di dalam lapas, disiapkan 1 TPS. “Tugas ketua KPPS dibantu anggota mengeluarkan surat suara mengitung dan mengumumkan suarat suara kemudian dilipat lagi,” ujarnya.

Tjipto juga menerangkan tentang penggunaan model C, C1 dan C plano ini masing-masing diisi menjumlahkan suara sah mengisi formulir C1. Jelasnya, hal itu diperlukan saat penghitungan saat pencoblosan kolom kosong.

Ketua Panwas Kota Jayapura Yakobus Muaraver mengatakan, sosialisasi itu bertujuan untuk penguatan kapasitas mulai dari PPL dan PPD tentang pilkada dengan satu pasangan calon. Dan, dilanjutkan ke seluruh lapisan masyarakat.

“Kita lakukan agar ada pemahaman kepada PPL untuk ditindak lanjuti ke basis masyarakat,” kata Yakobus. (*)

loading...

Sebelumnya

ATM dibobol, sehari bank BTN ditutup

Selanjutnya

Meriahkan dies natalis, Asrama Tauboria akan gelar berbagai lomba

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe