Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Domberai
  3. Gempa Sorong tak berpotensi Tsunami
  • Jumat, 03 Februari 2017 — 12:15
  • 1442x views

Gempa Sorong tak berpotensi Tsunami

Warga Rufey Pantai, Leo mengaku sempat kaget dan melarikan anak-anak dan istrinya ke lokasi yang aman. Namun Kamis siang, ia bersama anak dan istri telah kembali ke rumah.
Ilustrasi Tsunami - Dok. Jubi
Niko MB
ness@tabloidjubi.com
Editor : Timoteus Marten

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Sorong, Jubi – Gempa bumi berkekuatan 4,7 SR menggoyang Kota Sorong, Papua Barat, Kamis, 2 Februari 2017, sekitar pukul 3.00 dinihari, waktu setempat.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Sorong mendeteksi lokasi gempa berada di kedalaman 10 km sebelah barat Kota Sorong.

Staf BMKG Kota Sorong, Nengsi meminta agar warga tak perlu khawatir sebab gempa ini tak berpotensi tsunami.

“Gempa tersebut sama sekali tidak berdampak besar ataupun tsunami seperti yang ditakuti warga di sekitar pantai. Tidak usah khawatir,” katanya kepada Jubi di Kota Sorong,  Jumat (3/2/2017).

Warga Rufey Pantai, Leo mengaku sempat kaget dan melarikan anak-anak dan istrinya ke lokasi yang aman. Namun Kamis siang, ia bersama anak dan istri telah kembali ke rumah.

Sementara sejumlah warga lainnya tampak panik kalau-kalau terjadi tsunami. Namun mereka akhirnya ditenangkan oleh warga lainnya.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Sorong Andri W. Bidang mengatakan, gempa tiga kali mengguncang Kota Sorong.

“Pertama pukul 03.05 WIT berkekuatan 4.7 skala Richter.Gempa susulan dua kali terjadi sekitar pukul 09.30 WIT berkekuatan 3.2 dan 2.2 skala Richter di timur laut Kota Sorong,” katanya seperti ditulis Antara, Kamis.

Lokasi gempa pertama 4.7 SR berjarak 0.65 Lintang Selatan dan 131.47 Bujur Timur Kota Sorong dengan kedalaman 10 kilo meter.

Gempa berkekuatan 3.2 dan 2.2 SR di 0.88 LS dan 131.50 BT Kota Sorong dengan kedalaman 5 km, lanjutnya, ditinjau dari kedalaman hiposenter, merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif Sorong yang membentang dari arah barat Pulau Raja Ampat dan melewati Kota dan Kabupaten Sorong hingga melwati Manokwari dan berujung di Yapen. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Kesulitan biaya, bocah penderita penyakit aneh tak lanjutkan pengobatan

Selanjutnya

Ratusan mahasiswa kedokteran UNIPA datangi DPRD Sorong

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe