Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Tanah Papua kini punya dua Komnas HAM Perwakilan
  • Jumat, 10 Februari 2017 — 07:46
  • 1532x views

Tanah Papua kini punya dua Komnas HAM Perwakilan

Kehadiran kantor ini, menurut dia, sebagai upaya menghadirkan Komnas HAM di Tanah Papua di tengah berbagai usulan dari provinsi lainnya. "Komnas HAM saat ini hanya memiliki 6 perwakilan," imbuhnya.
Kantor Komnas HAM RI di Jakarta - Dok. Jubi
Abeth You
abethamoyeyou@gmail.com
Editor : Zely Ariane

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Paniai, Jubi – Komisi Nasional Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memutuskan secara bulat dalam Rapat Paripurna Rabu (8/2) pembentukan kantor perwakilan KOMNAS HAM RI di Manokwari.

"Mulai hari ini, 8 Pebruari 2017,  Komnas HAM secara  bulat telah memutuskan menerima naskah akademik untuk pembentukan Kantor Perwakilan Komnas HAM RI di Manokwari," ujar Natalius Pigai melalui keterangan persnya kepada Jubi, Kamis, (9/2/2017). 

Kehadiran kantor ini, menurut dia, sebagai upaya menghadirkan Komnas HAM di Tanah Papua di tengah berbagai usulan dari provinsi lainnya. "Komnas HAM saat ini hanya memiliki 6 perwakilan," imbuhnya. 

"Dengan dibentuknya Kantor Perwakilan di Papua Barat maka Tanah Papua memiliki dua kantor perwakilan dari tujuh kantor perwakilan di seluruh Indonesia," kata dia.

Selanjutnya, Komnas HAM dan pihak Pemprov Papua Barat akan melakukan MoU untuk pemajuan dan penegakan HAM, serta akan mengutus salah seorang pejabat senior dan staf untuk bertugas setahun di Manokwari guna menyiapkan kapasitas kelembagaan, personil, sarana prasarana dan koordinasi dengan pemprov dan DPRD serta masyarakat. 

Terpisah, Direktur Eksekutif LP3BH Papua Barat, Yan Christian Warinussy menyambut baik kehadiran Komnas HAM Perwakilan Papua Barat ini. 

"Pendirian Kantor Perwakilan KOMNAS HAM di Papua Barat diharapkan mampu membantu masyarakat di daerah ini untuk menyampaikan berbagai masalah dugaan pelanggaran HAM yang terjadi di wilayahnya masing-masing," kata Yan.

Pendirian Kantor Perwakilan ini, lanjutnya, perlu mendapat dukungan positif dari Pemerintah Provinsi Papua Barat.

"Dukungan yang dimaksud terutama menyangkut penyediaan atau alokasi dana bagi operasionalisasi kegiatan Kantor Perwakilan KOMNAS HAM dalam mendukung upaya perlindungan dan pemajuan hak asasi manusia serta penegakan hukum di daerah ini ke depan," harapnya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Terkait Pilkada Papua, Kapolri beri perhatikan khusus wilayah pegunungan

Selanjutnya

Dituduh pukul anggota DPR RI, Presdir Freeport minta maaf atas polemik yang terjadi

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe