Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. H-5, jembatan Toli putus, KPUD terkenda distribsi logistik Pilkada
  • Jumat, 10 Februari 2017 — 17:40
  • 1769x views

H-5, jembatan Toli putus, KPUD terkenda distribsi logistik Pilkada

"Sampai hari saya turun langsung di Kembu, jembatan itu masih terputus, airnya deras sekali. Tentu saja itu akan sangat mengganggu jalannya distribusi logistik ke kampung-kampung di sana," kata Hosea kepada Jubi, Jumat (10/2/2017).
Ketua KPUD Tolikara Hosea Genongga saat meninjau lokasi jembatan yang putus di Kali Toli, Kembu, Selasa (7/2). - Dok KPUD Tolikara
Yuliana Lantipo
yuliana_lantipo@tabloidjubi.com
Editor :

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Tolikara, Jubi - Hingga H-5 menuju Pilkada Serentak, penyelenggara Pilkada di Kabupaten Tolikara masih dihadapkan dengan masalah longsor dan jembatan putus dibeberapa lokasi. Salah satunya, jembatan putus di Kali Toli yang menghubungkan Ibukota Tolikara, Karubaga, dengan Kampung Kanggime.

Ketua KPUD Tolikara Hosea Genongga mengatakan, jembatan di kali Toli masih terputus sejak ia meninjau langsung lokasi itu pada Selasa (7/2). Kendaraan tidak dapat menyeberangi kali dengan airnya yang deras.

"Sampai hari saya turun langsung di Kembu, jembatan itu masih terputus, airnya deras sekali. Tentu saja itu akan sangat mengganggu jalannya distribusi logistik ke kampung-kampung di sana," kata Hosea kepada Jubi, Jumat (10/2/2017).

Jembatan Kali Toli menghubungkan beberapa kampung seperti Nabunage, Wakuo, Aweku, dan Kanggime. Kampung-kampung itu hanya bisa dicapai melalui jalan darat.  

Masalah lain dalam pendistribusian adalah tanah longsor, serta cuaca yang sulit diprediksi. "Kita juga bergantung cuaca. Akhir-akhir ini ada beberapa jembatan yang putus, tanah longsor, dan cuaca yang tidak menentu ini jadi kendala bagi kami karena ada sembilan daerah yang kita harus gunakan pesawat," jelas Hosea.

Untuk mengantisipasi keterlambatan penyaluran logistik, Hosea mengatakan pihaknya akan meminta bantuan pemerintah daerah dan pihak terkait untuk segera memperbaiki jembatan rusak serta tanah longsor tersebut.

"Kita sudah upayakan dalam beberapa waktu ini, kita akan ketemu Plt Bupati Tolikara (Besem Gombo) untuk mendesak supaya masalah ini cepat diselesaikan dalam waktu sisa 6 hari ini," ucap Hosea.

Alternatif lain, kata Hosea, "PPD terpaksa harus memikul logistik dengan berjalan kaki. Pagi berangkat, sampai ke tempat itu tiba sore," imbuhnya.

Seorang warga Tolikara, John, mengaku menunda rencana perjalanannya ke kampung Kanggime karena kerusakan tersebut.

"Sudah satu minggu ini saya tinggal saja di Karubaga, batal ke kampung. Mobil tidak bisa itu, kalau musim kering mungkin bisa pas air kering," aku John. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Pemkab Lanny Jaya siapkan 3 miliar untuk 15.000 warga

Selanjutnya

Longsor sejak Desember, warga gotong royong buka jalan di Tolikara

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe