PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Masyarakat Anggruk desak bupati ganti Kadistrik Baru
  • Rabu, 15 Februari 2017 — 12:50
  • 724x views

Masyarakat Anggruk desak bupati ganti Kadistrik Baru

“Atas nama orang Anggruk, saya punya pakaian yang bapa siapkan untuk orang itu, segera kembalikan untuk saya,” ucap Kiano Suhuniap lantang kepada Bupati Abock Busup di depan halaman kediamannya, di Sumohai, pagi itu.
Bupati Abock Busup (berdiri, tengah, kemeja putih) mendengarkan aspirasi masyarakat Yahukimo dari suku Anggruk, di kediamannya, di Sumohai, Rabu (15/2/2017). - Yuliana Lantipo
Yuliana Lantipo
yuliana_lantipo@tabloidjubi.com
Editor :

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Yahukimo, Jubi - Sekiranya 200an orang masyarakat Yahukimo dari suku Anggruk mendatangi kediaman Bupati Abock Busup, Rabu (15/2/2017) pagi. Mereka menuntut pergantian segera Kepala Distrik Anggruk Andarias Yual, yang baru menjabat satu hari pasca pelantikannya pada Selasa (14/2/2017).

“Atas nama orang Anggruk, saya punya pakaian yang bapa siapkan untuk orang  itu, segera kembalikan untuk saya,” ucap Kiano Suhuniap lantang kepada Bupati Abock Busup di depan halaman kediamannya, di Sumohai, pagi itu.

Bentuk protes itu sudah dilayangkan sehari sebelumnya di Aula Pendidikan Dekai, tempat pengambilan sumpah/janji dan pelantikan 51 kepala distrik di Yahukimo. Kepala Distrik Anggruk sebelumnya, Abimelek Yohame, digantikan oleh Andarias Yual.

Mewakili ratusan orang Anggruk, Kiano menegaskan, “kita mau orang kita sendiri yang jadi kepala distrik Anggruk,” katanya.

Bupati Abock Busup, yang didampingi Wakil Ketua I DPRD Yahukimo Maus Asso, mengiyakan untuk menempatkan orang asli Anggruk sebagai kepala distrik di daerah tersebut.

Bupati juga meminta ketegasan masyarakat untuk mengawasi kinerja kepala distrik yang nanti akan menjabat.

“Kepala distrik Anggruk orang asli yang nanti naik. Nanti, yang kerja tidak benar, saya copot lagi. Jadi kamu semua harus kontrol juga, jangan ikut bermain,” tegas bupati.

Dalam aksi itu, nama Frans Kabak, staf distrik, disebut-sebut untuk menjadi kepala distrik Anggruk.

Kadistrik harus di distrik

Usai mendapatkan mendapat jawaban dari orang nomor satu di Yahukimo itu, ratusan orang pun membubarkan diri dengan tenang.

Sebelum meninggalkan kediaman bupati, Kiano Suhuniap, berjanji akan turut mengontrol kinerja kepala distrik di daerahnya. Ia mengatakan tak ingin pengalaman lama kadistriknya terulang kembali.

“Yg lama, tapi tidak pernah ke distrik. Itu yang kita tidak senang. Yang baru nanti, yang kita minta orang asli Anggruk, dia harus tinggal dan kerja di distrik juga,” ucapnya.

Selain 51 kadistrik, bupati juga telah melantik 40 an pejabat tinggi pratama dan administrator (eselon II B dan eselon III A). (*)

Sebelumnya

Valentine day, anak jalanan Wamena ingin tahu siapa bapak mereka

Selanjutnya

Hari ini tiga distrik di Nduga akan coblos susulan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua