Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Pilkada di Sarmi berjalan lancar dan aman
  • Rabu, 15 Februari 2017 — 14:01
  • 1996x views

Pilkada di Sarmi berjalan lancar dan aman

"Kami memantau dari pesisir hingga ke wilayah kota, pelaksanaan pencoblosan sesuai dengan jadwal, sehingga tinggal menunggu hasilnya saja," kata Elia.
Proses perhitungan suara di salah satu TPS di Kabupaten Sarmi - Jubi/Alexander Loen
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Sarmi, Jubi - Proses pencoblosan Pilkada Kabupaten Sarmi, Papua sudah selesai dilaksanakan, tinggal menunggu penetapan dari KPU setempat siapa yang keluar menjadi Bupati dan Wakil Bupati daerah berjuluk Kota Ombak lima tahun kedepan.
 
Penjabat Bupati Sarmi, Elia Loupatty mengatakan tingkat partisipasi masyarakat di wilayahnya untuk mencoblos dan mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) sangat tinggi. Hal itu terbukti beberapa TPS yang menjadi pantauan dipenuhi warga.    
 
"Dari lima TPS yang didatangi yakni di Kampung Yamna, Betaf, Nengke, Holmafen dan Sarmi Kota, semua dipenuhi warga yang hendak menggunakan hak pilihnya," kata Elia kepada wartawan, di Sarmi, Rabu (15/2/2017).
 
Menurut Elia, pelaksanaan pencoblosan sejak pukul 09.00 WIT berlangsung dengan lancar, aman dan tertib.  "Sesuai pantauan kami dan pihak kepolisian, partisipasi tinggi warga mendatangi TPS membuktikan semua rakyat di Sarmi ingin menentukan kepala daerah sesuai dengan pilihan hatinya," ucapnya.
 
Ia tekankan, dari hasil pantauan di lapangan, hampir tidak ada insiden yang mengancam terhambatnya pelaksanaan pencoblosan sehingga diharapkan akan berjalan lancar pula dalam hal penghitungan suara nanti.
 
"Dari 36 ribu jumlah penduduk di Kabupaten Sarmi, 24 ribu di antaranya merupakan pemilih sehingga diharapkan semuanya dapat menggunakan hak suaranya sesuai hati nurani," katanya.
 
Meskipun pilihan masyarakat sesuai dengan hati nurani, Elia meminta kepada masyarakat di wilayahnya untuk tetap menjaga rasa persatuan dan kesatuan.  
 
"Kami memantau dari pesisir hingga ke wilayah kota, pelaksanaan pencoblosan sesuai dengan jadwal, sehingga tinggal menunggu hasilnya saja," kata Elia.
 
Sementara itu, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Sarmi AKBP Paul Isak mengklaim sejak pagi ia bersama rombongan memantau secara langsung pelaksanaan pencoblosan di wilayah-wilayah yang dianggap rawan yakni di sekitar Distrik Pantai Timur dan Pantai Timur Barat.
 
"Dari hasil pantauan kami, semua TPS yang dianggap rawan ternyata berjalan lancar, aman dan tertib," kata Isak.
 
Menurut ia, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pihaknya telah melaksanakan patroli secara rutin di semua wilayah, termasuk yang dianggap rawan.
 
"Selanjutnya untuk mengantisipasi paska pencoblosan, maka anggota Polres yang mengamankan TPS tersebut akan mengawal surat suara yang telah dicoblos menuju lokasi Panitia Pemilihan Distrik (PPD)," ujarnya.
 
"Setelah logistik tiba di PPD maka akan diback up oleh anggota Polres dan TNI agar surat suara yang telah dicoblos dapat dihitung. Kami juga melakukan antisipasi jika ada aksi palang memalang oleh oknum-oknum tertentu yang dapat meresahkan masyarakat," tambahnya.
 
Diketahui, Kabupaten Sarmi memiliki 10 distrik, 82 kampung, dua kelurahan dan 106 TPS, di mana pada Pilkada serentak 2017 ini diikuti oleh empat pasangan calon yakni Eduard Fonataba-Yosina Insyaf, Berthus Kyeuw Kyeuw-Sholeh, Alberthus Suripno-Adrian Senis dan Demianus Kyeuw Kyeuw-Musriadi. (*)

loading...

Sebelumnya

BTM-HARUS gunakan hak pilih bersama keluarga di Distrik Abepura

Selanjutnya

Bupati Jayapura tidak dapat undangan untuk mencoblos

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe