Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Pengamat PIF pantau 5 TPS di Kota Jayapura
  • Kamis, 16 Februari 2017 — 17:50
  • 1218x views

Pengamat PIF pantau 5 TPS di Kota Jayapura

“Kawasan Pasifik dan Indonesia memiliki keyakinan yang sama atas prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik dan adil dalam pemilu. Saya yakin banyak yang bisa kita pelajari dari negeri demokrasi ketiga terbesar di dunia itu,”
Kepala Bidang Demokrasi dan Politik Kementrian Politik Hukum dan HAM Sidik saat diwawancarai wartawan Koran Jubi - Jubi/Hengky Yeimo
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi - Pengamat Politik dan HAM Pasific Island Forum (PIF) Alfred Soakai bersama rombongannya memantau pilkada serentak 2017 di Kota Jayapura, Rabu (15/2/2017) kemarin. Mereka mengunjungi lima  TPS di lima distrik dan terakhir di Distrik Muara Tami di Skow.

Kepala Bidang Demokrasi dan Politik Kementrian Politik Hukum dan HAM Sidik mengatakan, usai mengikuti pertemuan bersama Forkopimda di Kota Jayapura mereka memantau proses pilkada di Kota Jayapura.  

"Kami memantau proses pilkada serentak di kota Jayapura kemudian mereka  melanjutkan perjalanan ke Distrik Muara Tami persisnya di TPS Skow," kata Sidik kepada Jubi, Kamis, (16/2/2017).

Sidik mengatakan, pemantauan ini dilakukan guna mengamati demokrasi yang berjalan di Indonesia.

Belum lama ini Tokoh Papua, Frans Albert Joku yang mendampingi satu dari tiga pejabat PIF tersebut mengatakan, kehadiran Alfred Soakai, Penasehat Politik dan HAM PIF di Jayapura untuk memantau demokrasi di Indonesia yang selama ini dibicarakan di Melanesia Spearhead Group (MSG) maupun PIF.   

"Pada dasarnya dia datang untuk memantau isu-isu menyangkut Papua yang selama ini disuarakan di kalangan negara-negara Pasific Island Forum (PIF) maupun di Melanesia Spehad Group (MSG). Sehingga pimpinan PIF merasa ada baiknya untuk menerima pengaduan-pengaduan yang diajukan oleh ULMWP. Kemudian PIF berinisiatif  untuk mengecek keadaan Papua, sehingga beliau datang," kata Frans Albert Joku.

Direlease Tabloid Jubi belum lama ini Sekretaris Jenderal PIF, Dame Meg Taylor menerima undangan itu dan mengatakan,

“Kawasan Pasifik dan Indonesia memiliki keyakinan yang sama atas prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik dan adil dalam pemilu. Saya yakin banyak yang bisa kita pelajari dari negeri demokrasi ketiga terbesar di dunia itu,”

PIF menerima undangan dari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia untuk ikut ambil bagian dalam Program Kunjungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Indonesia 2017, yang akan berlangsung 15 Februari mendatang.

Dari lebih 100 pelaksaan Pilkada di Indonesia, tim PIF terebut akan mengamati aktivitas Pilkada di Jayapura dan Manokwari Provinsi Papua dan Papua Barat. (*)

Sebelumnya

Amnesti Internasional: cabut pasal makar atas 4 aktivis KNPB

Selanjutnya

PFF: Tak ada pers bebas di Papua, Jakarta terus abaikan fakta

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe