PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Berita Papua
  3. Ketua KPU Papua: Kisruh kotak suara di PPD Waibhu hanya kesalahpahaman
  • Sabtu, 18 Februari 2017 — 20:18
  • 774x views

Ketua KPU Papua: Kisruh kotak suara di PPD Waibhu hanya kesalahpahaman

"Kotak suaranya sudah dikembalikan ke kantor distrik untuk dilakukan perekapan di tingkat PPD. Jadi sama sekali persoalan ini tidak terlalu penting karena hanya kesalahpahaman saja. Dan masih ada waktu untuk melakukan perekapan," ujarnya.
Proses pemindahan kotak suara dari kantor KPU Kab Jayapura ke kantor distrik. Jubi/Engel.
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Galuwo

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Sentani, Jubi - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, Adam Arisoi, mengatakan kisruh yang terjadi saat proses pemindahan kotak suara dari Distrik Waibhu Kabupaten Jayapura pada 15 Februari lalu, hanya kesalahpahaman antara penyelenggara, dalam hal ini Ketua KPU Kabupaten Jayapura dan Kepala Distrik Waibhu.

Awalnya kehadiran pihak penyelenggara hanya ingin memastikan mismanajemen dari kotak suara yang sudah dibawa ke kantor distrik. Selain itu dengan tujuan mengambil lampiran formulir C1, karena harus segera diunggah ke KPU RI.

"Setelah kami turun ke sana, ternyata ada kesalahpahaman antara Ketua KPU Kabupaten Jayapura dan Kepala Distrik Waibhu. Menurut saya itu hal yang wajar, tapi sebagai penyelenggara kami juga harus mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," jelas Arisoi, Sabtu ( 18/2/2017).

Arisoi menambahkan proses perekapan tetap akan dilaksanakan di Distrik Waibhu, setelah kotak suara milik 27 TPS di distrik tersebut terkumpul.

"Kotak suaranya sudah dikembalikan ke kantor distrik untuk dilakukan perekapan di tingkat PPD. Jadi sama sekali persoalan ini tidak terlalu penting karena hanya kesalahpahaman saja. Dan masih ada waktu untuk melakukan perekapan," ujarnya.

Ketua PPD Distrik Waibhu, Yance Toam, menjelaskan persoalan itu bermula pada 15 Februari. Kejadiannya setelah proses pencoblosan selesai di tingkat TPS.

"Setelah perhitungan suara oleh KPPS selesai, kotak suara diantar ke kantor distrik. Setelah sampai di kantor distrik ada keraguan dari penyelenggara terhadap keamanan kotak suara, yang disimpan di kantor distrik. Akhirnya saya menggunakan satu ruangan yang kuncinya saya pegang. Tetapi ada perintah dari Ketua KPU Kabupaten Jayapura (Lidya Mokai-red), yang katanya ingin memegang kuncinya. Akhirnya saya berikan karena ia adalah atasan saya," tuturnya.

Lanjutnya, kotak suara dititip di kantor Distrik Waibhu sampai esok harinya. Karena keperluan untuk mengambil formulir C1 oleh Ketua KPU, ia diminta datang ke kantor distrik.

"Ketua KPU Kabupaten Jayapura menyampaikan kepada saya bahwa ingin mengambil formulir C1, yang ada dalam kotak suara. Tapi, salah satu komisioner KPU Provinsi, Betriks Wanane, mengatakan formulirnya jangan diambil dulu sebelum ada pihak Panwas," katanya.

Hal tersebut mengakibatkan adu mulut antara keduanya. Saat itu, muncul juga Kepala Distrik Waibhu, yang turut mengiyakan pendapat Betriks Wanane.

"Itu ditanggapi serius oleh Ketua KPU Kabupaten Jayapura, yang merasa ada sesuatu yang terjadi, karena menurutnya, kepala distrik adalah ASN yang tidak ada sangkut pautnya dengan proses Pilkada. Keributan berakhir setelah ada keputusan semua kotak suara dari kantor distrik diamankan di kantor KPU," ungkapnya.

Disinggung soal aturan yang telah dilanggar oleh penyelenggara pada proses tersebut, Ketua PPD Distrik Waibhu mengaku hal tersebut karena perintah atasannya.

"Walau saya tahu melanggar aturan, tetapi saya tidak bisa berbuat apa-apa, karena yang memberikan perintah adalah atasan saya. Dan akhirnya tanggal (16/2) seluruh kotak suara diamankan di kantor KPU. Tanggal (18/2), kami mengambilnya untuk dilakukan perekapan di tingkat PPD. Semua kotak suara saya jamin dalam kondisi aman," katanya. (*)

Sebelumnya

JWW Cup habiskan dana Rp6 miliar

Selanjutnya

Paslon "Tofan" klaim sebagai pemenang di Pilkada Yapen

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua