Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Ditemukan ribuan anggota KPPS siluman di Pilkada Jayapura
  • Minggu, 19 Februari 2017 — 10:18
  • 559x views

Ditemukan ribuan anggota KPPS siluman di Pilkada Jayapura

"Bisa saja ini terjadi di semua distrik. Kami masih mencocokkan data dengan nama-nama anggota KPPS di beberapa distrik lainnya," ujarnya.
Arsi Divinubun, Kuasa Hukum Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Jayapura, Yanni-Zadrak Afasedanya, ketika menunjukkan daftar nama-nama anggota KPPS sesuai SK KPUD - Jubi/Arjun.
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi - Arsi Divinubun, Kuasa Hukum calon Bupati dan Wakil Bupati Jayapura, Yanni-Zadrak Afasedanya (YaZa) mengatakan, pihaknya menemukan ada indikasi ribuan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) siluman, di 348 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 19 distrik pada hari pencoblosan, 15 Februari 2017.

Indikasi itu muncul setelah tim pasangan calon nomor urut 1 tersebut mencocokkan nama anggota KPPS sesuai SK KPUD dengan petugas KPPS yang menandatangani berita form C1, yang diberikan kepada para saksi pasangan calon.

"Sebanyak 2.436 anggota KPPS yang di-SK-kan KPUD. Nama-nama anggota KPPS itu diserahkan kepada para pasangan calon. Kami cocokkan dengan anggota KPPS yang menandatangani form C1. Hasilnya, lebih dari 50 persen anggota KPPS ilegal. Tersebar hampir di semua TPS. Nama mereka tak ada dalam SK KPUD," kata Arsi kepada wartawan, Sabtu (18/2/2017) malam.

Beberapa TPS di sejumlah distrik yang anggota KPPS-nya ilegal antaar lain 19 TPS dari 27 TPS di Distrik Waibu, tiga dari empat TPS di Distrik Yokari, 14 dari 17 TPS di Distrik Sentani Timur, lima dari 10 TPS di Distrik Depapre, 13 dari 16 TPS di Distrik Nombokrang, 11 dari 12 TPS di Distrik Kemtuk, sembilan dari 15 TPS di Distrik Yapsi, delapan dari 15 TPS di Distrik Nimborang, 14 dari 16 TPS di Distrik Sentani dan enam dari sembilan TPS di Distrik Unurumguay.

"Bisa saja ini terjadi di semua distrik. Kami masih mencocokkan data dengan nama-nama anggota KPPS di beberapa distrik lainnya," ujarnya.

Menurutnya, semua terjadi lantaran pelaksana Pilkada tingkat bawa ilegal. Jika tidak sesuai SK KPUD, hasil pemungutan suara dipastikan tidak sah.

Hal itu juga dikatakan Ketua KPU Papua, Adam Arisoi, ketika bersama Ketua KPUD Jayapura, Lidia Mokay, saat bertemu tiga pasangan calon di halaman Kantor KPUD setempat, 16 Februari 2017.

"Kami minta PSU. Kami tak bisa diam dengan berbagai temuan ini. Kami telah menyerahkan berbagai bukti kecurangan pada hari pencoblosan lalu kepada Panwas," katanya.

Jika Panwas memutuskan tidak sesuai dengan kondisi lapangan dan bukti yang ada, maka ketua dan dua komisioner akan menanggung risikonya. Pihaknya akan ajukan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Nanti DKPP yang memutuskan.

Ketua KPUD Kabupaten Jayapura, Lidia Mokay, membenarkan adanya pergantian KPPS. Hal itu dikatakan Lidia ketika menerima pengaduan pasangan nomor urut 1, Yanni-Zadrad Afasedanya, pasangan nomor urut 2, Godlief Ohee-Frans Gina dan pasangan nomor urut 3, Jansen Monim-Abdul Rahman Sulaeman, Kamis (16/2/2017) di halaman kantor KPUD Jayapura bersama anggota KPUD setempat dan Ketua KPU Papua, Adam Arisoi.

"KPPS, PPS dan PPD bekerja berdasarkan SK KPUD. Namun ada intervensi. Saya cari tahu, anggota KPPS mengaku ada dua kali pertemuan di kelurahan. Ditunjuk Lurah. Nama mereka dimasukkan," kata Lidia.

Lidia juga mengkui ada pengerahan massa. Katanya, ia menyaksikan sendiri hal itu. Namun ia tidak tahu untuk kepentingan siapa.

"Memang nyata-nyata di depan mata penyelenggara. Dari TPS ke TPS. Saya melihat sendiri ada orang lain yang coblos. Itu fakta," ujarnya.

Sebelumnya

29 Ketua DPC Hanura dilantik

Selanjutnya

Perangkat pemerintah diduga penyebab KPPS siluman

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe