PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Siswa SMK harus lulus Uji Kompetensi Keahlian
  • Minggu, 19 Februari 2017 — 20:31
  • 518x views

Siswa SMK harus lulus Uji Kompetensi Keahlian

"Ujian Praktik Kejuruan ini dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi dan perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tempat-tempat uji kompetensi," katanya.
Suasana Uji Kompetensi Keahlian (UKK) – Jubi/ Ist.
Roy Ratumakin
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Syofiardi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1
 
Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura I Wayan Mudiyasa berharap semua peserta Uji Kompetensi Keahlian (UKK) yang dilaksanakan mulai Senin (20/2/2017) bisa lulus.
 
"Seluruh SMK yang ada di Kota Jayapura akan melakukan UKK yang merupakan Ujian Nasional dalam bentuk praktik untuk kelas 12, kalau ujian praktik tidak lulus maka siswa tersebut tidak bisa lulus pada penentuan akhir. Untuk itu saya harap semua peserta harus menyiapkan diri," katanya kepada Jubi, Sabtu (18/2/2017).
 
Dikatakan, UKK bagian dari intervensi pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tujuannya untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu, sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK.
 
UKK terdiri dari Ujian Praktik Kejuruan yang umumnya diselenggarakan sebelum pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Teori Kejuruan, yang merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan Ujian Nasional.
 
"Ujian Praktik Kejuruan ini dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi dan perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tempat-tempat uji kompetensi," katanya.
 
Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK, menurut Wayan, harus dinyatakan layak sebagai tempat uji kompetensi oleh koordinator Ujian Nasional Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi.
 
"Semua SMK di Kota Jayapura sudah layak untuk menggelar UKK tersebut, tidak ada masalah, karena dari tahun ke tahun pihak sekolah sudah menyiapkannya," ujarnya.
 
Kepala SMKN 2 Jayapura Elia Waromi mengatakan, pihaknya sebagai penyelenggara UKK sudah siap melaksanakan ujian yang berlangsung selama lima hari.
 
“UKK ini kami lakukan terlebih dahulu karena kami ini sekolah kejuruan, ada lima kejuruan yang akan diujikan yaitu Administrasi Perkantoran, Akutansi, Pemasaran, Usaha Perjalanan Wisata, dan Teknik Komputer Jaringan,” katanya. (*)

Sebelumnya

Norberd pimpin BEM Fakultas Kedokteran Uncen

Selanjutnya

SMA Koinonia ikut UNBK dengan fasilitas minim

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua