PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Bulog Papua-Papua Barat targetkan pendirian 679 RPK
  • Kamis, 23 Februari 2017 — 19:09
  • 433x views

Bulog Papua-Papua Barat targetkan pendirian 679 RPK

Kepala Bidang Komersial Bulog Divre Papua-Papua Barat Bolu Ismail menjelaskan RPK adalah jaringan distribusi pangan agar masyarakat semakin mudah mendapatkan pangan yang relatif sehat dan harganya juga terjangkau.
Ilustrasi gudang beras Bulog. Jubi/Dok.
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Syofiardi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi - Perum Bulog Divisi Regional Papua-Papua Barat menargetkan untuk mendirikan 679 Rumah Pangan Kita (RPK) sebagai upaya memudahkan masyarakat mendapatkan bahan pangan yang murah dan sehat.

 

"Kalau bisa di setiap titik distribusi rastra ada RPK, saat ini ada 679 titik distribusi, ya targetnya sebesar itu, minimal ada satu, kalau ada lebih kami akan dukung, saat ini sudah ada 108 RPK di Divre Papua," kata Kepala Bulog Divre Papua-Papua Barat Muahmmad Attar Rizal di Jayapura, Kamis (23/2/2017).

RPK, katanya, didirikan bukan untuk konsumen besar, tapi untuk memberdayakan masyarakat di kampung-kampung yang tergolong masyarakat berpenghasilan rendah hingga menengah.

Kepala Bidang Komersial Bulog Divre Papua-Papua Barat Bolu Ismail menjelaskan, RPK adalah jaringan distribusi pangan agar masyarakat semakin mudah mendapatkan pangan yang relatif sehat dan harganya juga terjangkau.
 
"Kedua persoalan ini yang kami dekatkan ke masyarakat," katanya.

Menurutnya, siapa saja bisa menjadi rekanan Bulog dengan mendirikan RPK di rumah atau tempat usahanya. Persyaratan yang dibutuhkan hanya berupa surat izin usaha dari RT/RW dan mengisi formulir pendaftaran di Bulog.

"Ini peluang usaha bagi saudara kita yang ada di kampung, mereka bisa buka usaha dengan modal yang kecil, dengan rutinitas distribusi barangnya dilakukan Bulog," ujarnya.
 
Wakil Kepala Bulog Divre Papua-Papua Barat Eko mengatakan, RPK dibuat dalam rangka memotong mata rantai distribusi bahan pokok ke masyarakat.

Dia menuturkan selama ini ada rantai distribusi yang cukup panjang, sehingga harga bahan pokok yang sampai ke masyarakat cukup tinggi.

"Sementara untuk Papua ada dua komoditas yang akan dijual di RPK, yaitu beras harga Rp12.000 per kg dan gula Rp12.500 per kg," katanya. (*)

Sebelumnya

Bulog tunggu surat Pemprov untuk salurkan raskin

Selanjutnya

Bulog ajak masyarakat dirikan Rumah Pangan Kita

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua