Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Pleno KPUD rusuh, TNI diperbantukan ke Intan Jaya
  • Sabtu, 25 Februari 2017 — 18:31
  • 943x views

Pleno KPUD rusuh, TNI diperbantukan ke Intan Jaya

"Pemicunya juga saya belum tahu persis. Tapi kabarnya masalah rapat pleno itu," ujarnya.
Ilustrasi - IST
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi - Sebanyak satu SSK prajurit TNI dari Kodim 1705 Paniai dan dua SST prajurit TNI Yonif 753 Nabire diperbantukan ke Intan Jaya, pasca pleno KPUD setempat yang berujung ricuh antar pendukung pasangan calon kepala daerah/wakil kepala daerah Intan Jaya, Kamis (23/2/2017).

 

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Teguh P.R mengatakan, prajurit TNI diperbantukan ke Intan Jaya untuk mem-back-up polisi. Selain telah mengirim personil ke kabupaten itu, TNI masih menyiagakan satu SST prajurit cadangan.   

"Informasi yang kami terima, situasi Intan Jaya sudah kondusif. Tidak seperti kemarin. Polres Intan Jaya sudah melakukan pengamanan. TNI hanya mem-back-up. Meski sudah kondusif aparat TNI/Polri tetap tetap berjaga-jaga situasi benar-benar aman," kata Kapendam Teguh via teleponnya, Jumat (24/2/2017).

Katanya, sesuai rantai komando, TNI dan Polri bersinergi. TNI mem-back-up kepolisian melakukan pengamanan. Hanya saja ia tak mengetahui persis berapa korban meninggal dunia dan korban luka dalam kejadian tersebut.

"Pemicunya juga saya belum tahu persis. Tapi kabarnya masalah rapat pleno itu," ujarnya.

Tepisah, Kapolda Papua Inspektur Jenderal (Pol) Paulus Waterpauw mengatakan, ricuh antar pendukung pasangan calon kepala daerah diduga dipicu desakan pendukung salah satu pasangan calon kepala daerah setempat.

"Diduga pendukung salah satu pasangan calon ingin KPUD segera memplenokan hasil pemungutan suara. Pendukung calon lainnya meminta KPUD tidak melalukan pleno. Alasannya ada dua Distrik yang belum selesai melakukan rekapitulasi penghitungan suara," kata Kapolda Waterpauw.

Namun ia menyatakan kini situasi di kabupaten itu telah kondusif. Hanya saja Waterpauw belum bisa memastikan jumlah korban jiwa, korban luka dan kerugian materil akibat kejadian itu. (Arjuna Pademme)

Sebelumnya

Masuk bulan kedua TA, Gubernur Papua didesak lantik OPD

Selanjutnya

Perbedaan ideologi jangan dijadikan kepentingan politik

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe