Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Bali NTT
  3. Pemulung dirikan dua sekolah gratis
  • Senin, 27 Februari 2017 — 18:01
  • 2378x views

Pemulung dirikan dua sekolah gratis

Dia mengaku prihatin dengan anak-anak Kupang yang seharusnya berada di bangku sekolah, namun namun terkendala berbagai hal.
Yoseph Blikololong, pemulung di Kota Kupang yang mendirikan dua sekolah gratis (Jubi/Kompas.com)
ANTARA
Editor : Syam Terrajana
LipSus

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Kupang, Jubi - Yoseph Blikololong seorang pemulung di Kota Kupang mendirikan dua sekolah gratis bagi sejumlah anak dari keluarga kurang mampu di Kota Kupang, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Ada PAUD dan SMP yang saat ini tengah saya rintis berkat hasil dari memulung saya yang telah ditekuni sejak 2004," katanya, saat ditemui di kediamannya di Kelurahan Oesapa, Kota Kupang, Senin (27/2).

Karena keterbatasan biaya, PAUD yang didirikan sejak 2008 kemudian diberi nama Peduli Kasih itu, menggunakan salah satu ruangan di rumahnya.

Sedangkan SMP Surya Mandala Kupang yang ia kelola sejak 2011 itu, dengan cara menyewa empat ruangan bekas taman kanak-kanak. Uang sewanya per tahun mencapai Rp12 juta.

Pembiayaan sekolah itu termasuk untuk membayar gaji atau menurutnya hanya uang transpor bagi sembilan guru SMP dan satu guru PAUD berkisar Rp100 ribu hingga Rp200 ribu per bulan.

PAUD dan SMP itu berdiri dari hasil memulungnya selama bertahun-tahun dalam sebulan bisa memperoleh Rp4 jutaan.

Dia mengaku prihatin dengan anak-anak Kupang yang seharusnya berada di bangku sekolah, namun namun terkendala berbagai hal.

"Awalnya niat saya ini ditolak oleh istri dan anak-anak saya. Karena memang kehidupan ekonomi kami tidak stabil, apalagi saya harus membiayai istri dan enam anak saya itu," katanya lagi.

Namun perlahan-lahan, istri dan anak-anaknya itu kemudian mulai memahaminya, bahkan mendukung dirinya.

Hingga saat ini sudah ada 22 murid PAUD, dan sudah ada sekitar 60-an siswa SMP yang mendapatkan pendidikan gratis.

Meilanie, salah satu orang tua murid PAUD mengaku bahwa pembukaan PAUD yang didirikan oleh Yoseph Blikololong cukup meringankan beban keluarganya.(*)

 

loading...

#

Sebelumnya

Logistik Raja Salman tiba di Bali

Selanjutnya

Pengakuan daerah kepulauan di NTT terus diperjuangkan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe