PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Anim Ha
  3. Program tol laut ke Merauke kini terhenti
  • Selasa, 28 Februari 2017 — 08:32
  • 403x views

Program tol laut ke Merauke kini terhenti

“Nah, kita harus tahu juga alasan mendasar hingga sampai dihentikan. Apakah karena minat pembeli kurang atau ada hal teknis lain,” ujarnya.
Kontainer di pelabuhan Merauke yang menurunkan barang dari pulau Jawa - Jubi/Frans L Kobun.
Editor : Angela Flassy

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Merauke, Jubi - Program tol laut yang merupakan kebijakan pemerintah pusat dengan tujuan menjaga kesenjangan harga antara Pulau Jawa dan Papua, sempat berjalan beberapa kali pada tahun 2016. Kini terhenti dan belum beroperasi kembali.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindagkop) Kabupaten Merauke, Sunarjo di ruang kerjanya Senin (27/2/2017) menjelaskan Pelni diberikan tugas dan tanggungjawab untuk memobilisasi  kebutuhan barang ke Kabupaten Merauke. Namun, ketika barang diangkut, tentunya ada standarisasi harga yang  ditentukan.

“Nah, kita harus tahu juga alasan mendasar hingga sampai dihentikan. Apakah karena minat pembeli kurang atau ada hal  teknis lain,” ujarnya.

Dikatakan, selama ini harga satu kontainer Rp14 juta dan dengan program tol laut  diturunkan hingga Rp8 juta,  pasti semua pengusaha menginginkan demikian.

Permasalahan lain yang terjadi adalah apakah ada timbal baliknya. Dimana, ketika kontainer dari Jawa membawa barang-barang, apakah pulang membawa hasil dari Merauke juga? “Ini yang menjadi pertanyaan. Jangan sampai dari 10 kontainer, hanya 3-4 terisi barang. Sedangkan sisanya kosong sama sekali,” katanya.

“Saya kira beberapa hal dimaksud, harus dilakukan evaluasi kembali dengan baik. Memang ketika dipercayakan memimpin di dinas ini, sedang dipikirkan komoditas unggulan apa yang bisa dibawa dalam jumlah banyak ke Jawa. Maksudnya agar ada kontribusi timbal balik,” ujar dia.

Mantan Kepala Dinas Perindagkop Merauke, Beny Malik mengatakan,  pasca program tol laut, kuota  kontainer barang untuk Merauke, berjalan lancar. Hanya saja, jumlahnya terus mengalami penurunan.

“Saya sendiri tidak mengetahui alasan pasti hingga program tol laut ke Kabupaten Merauke tidak berjalan. Padahal, manfaatnya sangat besar untuk masyarakat,” tuturnya. (*)

Sebelumnya

UPPD Merauke agendakan penambahan dua unit pelayanan

Selanjutnya

DPRD Merauke minta Pemkab relokasi warga di perumahan kumuh

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua