Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Panwas rekomendasi KPU Jayapura PSU 17 distrik
  • Selasa, 28 Februari 2017 — 09:14
  • 1102x views

Panwas rekomendasi KPU Jayapura PSU 17 distrik

"Kami bertiga, memutuskan agar 17 distrik dari 19 distrik yang ada di Kabupaten Jayapura tidak boleh dilakukan rekapitulasi,” kata Ronald yang disambut tepuk tangan oleh para saksi pasangan calon nomor 1, 3 dan 5.
Ilustrasi salah satu kantor Panwas - Jubi/Engel.
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Timoteus Marten

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Panitia Pengawas Pilkada Kabupaten Jayapura merekomendasikan kepada KPU setempat untuk menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di 236 TPS dalam 17 distrik karena KPPS-nya bermasalah.

Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Panwas Kabupaten Jayapura Ronald M. Manoach dalam rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara yang digelar oleh KPU setempat di Hotel Sentani Indah.

"Kami bertiga, memutuskan agar 17 distrik dari 19 distrik yang ada di Kabupaten Jayapura tidak boleh dilakukan rekapitulasi,” kata Ronald yang disambut tepuk tangan oleh para saksi pasangan calon nomor 1, 3 dan 5.

Ronald juga meminta kepada KPU Kabupaten Jayapura agar tidak membuka kotak suara 17 distrik yang telah diatur dalam ruangan. "Kotak-kotak suara itu juga tidak boleh dibuka,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Jayapura Lidia M. Mokay mengatakan pihaknya akan melaksanakan rekomendasi yang disampaikan oleh Ketua Panwas Ronald M. Manoach yang didampingi dua orang rekannya.

"Kami harus melaksanakan rekomendasi Panwas, karena berdasarkan hasil penyelidikan yang sudah dilakukan dan semua sudah tahu bahwa KPU sudah digeledah dan disita oleh Gakkumdu, kemudian mencari sejumlah barang bukti. Dan berdasarkan temuan itulah rekomendasi itu keluar," katanya.

Lidia juga mengemukakan bahwa ia sendiri telah melihat dan menemukan banyak kecurangan yang terjadi pada saat pencoblosan Rabu pekan lalu.

"Banyak penyelenggara yang diubah di tingkat KPPS dan PPS. Sangat disayangkan. Jadi, KPU akan melaksanakan rekomendasi Panwas dan hanya dua distrik yang dapat kami sampaikan dan tetapkan dua distrik itu," katanya.

Pernyataan Ketua Panwas Ronald M Manoach dan Ketua KPU Lidia M Mokay ini, sempat mendapatkan sanggahan dari para saksi pasangan calon nomor urut 2, Mathius Awaitauw-Giri Wijiyantoro.

Namun, Lidia M Mokay tetap bersikukuh bahwa pleno tersebut hanya merekapitulasi dua distrik, yakni Distrik Namblong dan Distrik Kaureh dengan mengetok palu sebagai tanda, pleno ditunda guna melaksanakan rekomendasi Panwas. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Pelajar di Kabupaten Jayapura diminta fokus belajar

Selanjutnya

Ikan sepanjang 3 meter kagetkan pengunjung pasar Pharaa

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe