Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Penkes
  3. Manfaat KPS/KIS belum dirasakan di Kampung Yoka
  • Rabu, 01 Maret 2017 — 20:53
  • 936x views

Manfaat KPS/KIS belum dirasakan di Kampung Yoka

“Pelayanan malam tidak ada, jadi warga yang kecelakaan atau bersalin mesti lari ke RS Abepura padahal jauh, warga masih pikir ongkos, pergi ke RS Dian Harapan tetapi rumah sakit swasta tidak bisa layani Kartu Papua Sehat maupun KIS di malam hari,” katanya.
Puskesmas Kampus Yoka, Kota Jayapura - Jubi/ Benny Mawel.
Benny Mawel
Editor : Syofiardi
LipSus

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Otoritas Kampung Yoka, Kota Jayapura mengatakan, manfaat Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Papua Sehat (KPS) bagi peserta belum begitu dirasakan karena masih rendahnya kualitas layanan puskesmas.

Padahal kedua kartu sudah didistribusikan 90 persen dan hanya 10 persen yang belum karena alasan penduduk baru pindah dari kampung lain bersama keluarga atau yang mau sekolah ke kota.

Kepala Kampung Yoka, Antonius Memberi kepada Jubi di ruang kerjanya baru-baru ini mengatakan, bagi warganya yang sudah mendapatkan kartu belum merasakan manfaatnya secara maksimal. Sebab pelayanan Puskemas Yoka yang sudah dilengkapi dengan ruang rawat inap tidak maksimal.

“Pelayanan malam tidak ada, jadi warga yang kecelakaan atau bersalin mesti lari ke RS Abepura padahal jauh, warga masih pikir ongkos, pergi ke RS Dian Harapan tetapi rumah sakit swasta tidak bisa layani Kartu Papua Sehat maupun KIS di malam hari,” katanya. 

Solusinya, kata Antonius, Pemko mesti mengawasi pelayanan Puskesmas Yoka agar bisa memberikan pelayanan maksimal.

Kepala Urusan Umum Kampung Yoka, Dince N. Membri juga mengatakan hal senada.

“Persoalan distrubusi kartu sudah oke, tapi pelayanan fasilitas kesehatan memang menjadi masalah bagi warga,” ungkap wanita yang juga aktivis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat. (*)

loading...

Sebelumnya

Hampir semua sekolah Katolik di Jayapura terakreditasi

Selanjutnya

Menkes canangkan re-registrasi online tenaga kesehatan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe