Festival Film Papua
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Kabiro PPKLN Papua geram namanya dicatut untuk penipuan
  • Rabu, 01 Maret 2017 — 21:10
  • 559x views

Kabiro PPKLN Papua geram namanya dicatut untuk penipuan

Isi SMS dengan nomor 085211162072 tersebut, ditujukan kepada bendahara Biro Pengelola Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri ini.
Ilsutrasi modus penipuan lewat SMS - IST
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Yuliana Lantipo

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi - Kepala Biro Pengelola Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri (PPKLN) Provinsi Papua, Suzana Wanggai mengaku geram namanya dicatut oknum tak bertanggung jawab untuk menipu melalui pesan singkat (SMS) guna meminta sejumlah uang.

Isi SMS dengan nomor 085211162072 tersebut, ditujukan kepada bendahara Biro Pengelola Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri ini.

"Untungnya kemarin pada saat penipu meminta uang, bendahara yang di SMS tidak percaya begitu saja dan langsung menelepon saya. Sehingga mengarahkan untuk coba mengikuti apa maksud pencatutan itu, dan rupanya mereka ingin meminta sejumlah uang," kata Suzana melalui telepon seluler kepada wartawan, di Jayapura, Rabu (1/3/2017).

Menurut ia, saat ini dirinya sedang berada di Makassar untuk mengikuti Rapat Koordinas Teknis (Rakortek) Pembangunan. Namun kejadian ini sudah dilaporkan kepada salah satu relasinya yang bertugas di Mapolda Papua.

"Baru-baru ini saya tadi sudah menghubungi relasi di Polda Papua dan sudah meminta untuk melakukan pelacakan. Saya juga sudah SMS nomor penipuan ke pihak Polda, mudah-mudahan bisa dilacak," ucapnya.

Dengan adanya kejadian ini, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar jangan mudah percaya atau tertipu dengan SMS minta uang yang mengatasnamakan pejabat. Ataupun melalui media sosial yang mengatasnamakan pribadi atau jabatan.

"Saya harap masalah ini jangan sampai menimpa teman-teman pimpinan OPD yang lain. Sebab rupanya mereka melihat dan memantau nama-nama yang keluar di media lalu mereka catut nama itu untuk lekakuakan aksi penipual melalui SMS," katanya.

Ditempat terpisah, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Papua Israil Ilolu menilai tindakan yang dilakukan oknum dengan mengatasnamakan pejabat di lingkup pemerintahan provinsi Papua sangatlah tidak terpuji.

Untuk itu, dirinya mengimbau masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan pemerintah provinsi untuk berhati-hati dengan SMS penipuan yang mengatasnamakan pejabat.

"Apalagi isi pesan singkatnya meminta atau meminjam sejumlah uang. Sebab tak ada pejabat yang seperti itu. Sekali lagi masyarakat maupun ASN harus waspada modus seperti ini," kata Israil. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Gubernur Papua ingatkan bupati tak sembarang berikan izin usaha

Selanjutnya

Gubernur klaim angka buta aksara di Papua menurun

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua