Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Menkes canangkan re-registrasi online tenaga kesehatan
  • Jumat, 03 Maret 2017 — 06:37
  • 811x views

Menkes canangkan re-registrasi online tenaga kesehatan

Surat Tanda Registrasi (STR) merupakan bukti tertulis bahwa seorang tenaga kesehatan telah memiliki kompetensi dan kemampuan secara hukum untuk menjalankan praktek.
Tenaga kesehatan - Foto: mtki.kemkes.go.id
Admin Jubi
redaksionline@tabloidjubi.com
Editor : Syofiardi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jakarta, Jubi - Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila Djuwita F. Moeloek mencanangkan Re-registrasi Online Tenaga Kesehatan Indonesia di Birawa Assembly Hall Bidakara, Jakarta, Senin (27/2/17).

Pencanangan dilakukan pada acara Rapat Kerja Nasional bertajuk “Sinergi Pusat dan Daerah dalam Pelaksanaan Pendekatan Keluarga untuk Mewujudkan Indonesia Sehat” 2017.

Pelaksana tugas Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Dogiyai, Kristianus Tebai hadir pada acara tersebut. Dalam siaran persnya yang dimuat di laman Facebook, Rabu (1/3/17), Tebai menjelaskan, Surat Tanda Registrasi (STR) merupakan bukti tertulis bahwa seorang tenaga kesehatan telah memiliki kompetensi dan kemampuan secara hukum untuk menjalankan praktek.

“STR diberikan masing-masing Konsil kepada tenaga kesehatan yang telah terdaftar atau teregistrasi, ini berdasarkan Undang-Undang No. 36/2014 tentang Tenaga Kesehatan,” katanya.

“Pasal 44 menyebutkan setiap tenaga kesehatan yang menjalankan praktek wajib memiliki STR, yang berlaku selama lima tahun dan harus diperbaharui atau registrasi ulang dengan memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan," ujarnya.

Tebai menjelaskan, pengajuan STR telah dilakukan secara online dengan difasilitasi Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) sejak 1 Maret 2016. Hal ini dilakukan agar pengajuan STR dapat lebih mudah dan cepat.

Setiap MTKP seluruh Indonesia telah mampu melaksanakan proses pengajuan secara online. Re-registrasi Online Tenaga Kesehatan Indonesia dapat diakses melalui situs http://mtki.kemkes.go.id.

Ia menjelaskan, berdasarkan data MTKI sebanyak 137.478 tenaga kesehatan harus melakukan registrasi ulang pada 2017. Jumlah tersebut total STR yang telah diterbitkan pada 2011 dan 2012.

Kepada Jubi Tebai menyatakan harapan, dengan diberikannya kemudahan untuk mengurus STR secara online ini semua tenaga kesehatan di Kabupaten Dogiyai dapat mengurus dan memiliki STR. Bagi yang memiliki STR namun masa berlakunya habis bisa memperpanjang dengan mudah. (Dilaporkan oleh Herman E. Degei)

loading...

Sebelumnya

Manfaat KPS/KIS belum dirasakan di Kampung Yoka

Selanjutnya

Hanya 14 sekolah UNBK di Kabupaten Jayapura

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe