Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Penjual Pinang beromzet Rp 100 perhari
  • Jumat, 03 Maret 2017 — 08:49
  • 1230x views

Penjual Pinang beromzet Rp 100 perhari

“Kalau banyak pelanggan pinang habis, tapi kalau tidak ada pelanggan pinang ini kadang saya bawa pulang,” ujarnya kepada Jubi, Kamis (2/3/2016).
Mina Duwitau sedang berjualan pinang di depan Museum Ekspo, Distrik Heram, Kamis (2/3/2017) - Jubi/ Hengky Yeimo.
Hengky Yeimo
Editor : Syofiardi
LipSus

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1
 
Jayapura Jubi - Mina Duwitau, penjual pinang di Ekspo Waena, Distrik Heram, Jayapura mengaku sehari pendapatannya dari berjual pinang Rp50 ribu hingga Rp100 ribu. Tergantung banyaknya pembeli.
 
“Kalau banyak pelanggan pinang habis, tapi kalau tidak ada pelanggan pinang ini kadang saya bawa pulang,” ujarnya kepada Jubi, Kamis (2/3/2016).     
 
Dikatakannya, pinang yang ia jual dibelinya Rp200 ribu. Ia biasa membeli pinang berkualitas dari Koya dan Arso. Kemudian ia jual seonggok Rp10 ribu. Sedangkan harga per buah Rp1.000.
 
"Saya berjualan ini dengan usaha mandiri dan hasil berjualan ini saya gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun tidak cukup untuk berinvestasi jangka panjang," katanya.
 
Ia mengaku tinggal di kontrakan Pemerintah Kabupaten Intan Jaya dan sudah lama berjualan pinang. Ia  tidak ingin pulang ke kampung halamannya kecuali pada hari Natal.
 
Banyaknya penjual buah pinang berkaitan erat dengan tradisi mengunyah pinang di Papua. Tokoh intelektual asal Sentani, Yerry Puraro mengatakan, ini tradisi yang tak mengenal kelas dan memiliki nilai kekeluargaan serta kebebasan berekspresi.
 
“Demikian juga bagi masyarakat suku sentani, memang tidak semua orang sentani gemar mengunyah pinang,” ujarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Ikhenduri Galeri menjual kerajinan khas Papua

Selanjutnya

BPS: transportasi sumbang deflasi di Kota Jayapura

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe