Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. KPUD Dogiyai sukses laksanakan Pilkada
  • Jumat, 03 Maret 2017 — 13:22
  • 2545x views

KPUD Dogiyai sukses laksanakan Pilkada

"Tidak ada keributan dari pihak mana pun. Padahal sebelum Pilkadaa Dogiyai berbagai isu sempat berkembang. Dogyai ini disebut-sebut menjadi salah satu daerah rawan konflik di Papua,” ujarnya.
Proses penandatangan berita acara pleno penetapan KPUD Dogiyai. - IST untuk Jubi
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Yuliana Lantipo

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Dogiyai disebut sukses menyelenggarakan Pilkada serentak, 15 Februari 2017 lalu. Hal itu dikatakan Pendeta Obed Magai di Kantor Redaksi Jubi, Waena, Kota Jayapura, Papua, Kamis (2/3/2017).

Ia mengatakan, sebelum pelaksaan Pilkada Dogiyai, berbagai pihak bahkan aparat keamanan telah menyatakan khawatir terjadi gesekan antar masyarakat di wilayah itu.

“KPUD Dogiyai sudah melakukan rekapan perolehan suara dan penetapan hasil perolehan suara empat pasangan calon bupati dan wakil bupati Dogiyai periode 2017-2022 secara terbuka di Aula Pemda Dogiyai, 22 Februari 2017. Semua pihak menerima hasil itu. Rekapan berlangsung transparan, aman, tertib, lancar,” katanya.

Ia mengapresiasi kinerja KPUD Dogiyai. Katanya, KPUD transparan. Mulai dari rekapan suara hingga pleno, dilakukan secara terbuka, di depan masyarakat Dogiyai.

“Tidak ada keributan dari pihak mana pun. Padahal sebelum Pilkadaa Dogiyai berbagai isu sempat berkembang. Dogyai ini disebut-sebut menjadi salah satu daerah rawan konflik di Papua,” ujarnya.

Tidak hanya KPUD, ia juga mengapresiasi kinerja Panwas, PPD, KPPS, PPS, Panwas Distrik dan PPL. Berbagai pihak itu dinilai melaksanakan tugasnya dengan baik, jujur, adil sehingga pemungutan suara, rekapan dan pleno penetapan peroleh suara di tingkat TPS dan Kampung serta distrik terlaksan dengan baik.

Dosen Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Cenderawasih, Gabriel Maniagasi mengatakan, untuk sukses Pilkada dibutuhkan keterlibatan berbagai pihak. Pemerintah daerah KPUD, aparat keamanan, partai politik, para pasangan calon dan tim suksesnya serta masyarakat luas.

"Dengan komunikasi politik, kerjasama, kesabaran, ketenangan, dan pemahaman yang benar terhadap sistem, mekanisme, prosedur, regulasi tatacara, Pilkada terselenggara seperti yang diharapkan. Demokratis, berkualitas dan bermartabat," kata Gabriel.

Semua pihak harus sepakat, Pilkada merupakan agenda negara. Harus sukses mendapat pemimpin daerah yang pada akhirnya akan menentukan kualitas dan haluan negara. Untuk itu Pilkada dilakukan diatas landasan hukum. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Wakil Bupati Yahukimo meresmikan Gereja GKI Rehobot Monin

Selanjutnya

Tiga orang hilang dalam perjalanan dari Nduga ke Agats

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe