Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Doren Wakerkwa: Gubernur Papua tak akan danai PSU
  • Sabtu, 04 Maret 2017 — 09:19
  • 858x views

Doren Wakerkwa: Gubernur Papua tak akan danai PSU

Komisioner KPU Provinsi Papua Tarwinto menyebutkkan, dua kabupaten yang akan menggelar PSU yakni di Kepulauan Yapen sebanyak 26 TPS sedangkan Kabupaten Jayapura belum ada keputusan.
Ilustrasi Pemungutan Suara Ulang - IST
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Yuliana Lantipo

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi - Asisten Bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM Sekda Papua, Doren Wakerkwa mengatakan Pemerintah Provinsi dalam hal ini Gubernur Papua, tidak akan mendanai Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua kabupaten pelaksana Pilkada serentak 2017.

"Jika kabupaten yang hendak melakukan PSU maka dananya akan kembali ke kabupaten/kota. Tidak ada Gubernur kasih biayai. Tidak ada pemerintah provinsi biayai. Karena itu konsekuensi daerah. Kabupaten menyiapkan anggaran untuk menyiapkan PSU nya bukan kami di provinsi," kata Wakerkwa kepada wartawan, di Jayapura, Jumat (3/3/2017).

Ia menyarankan pihak penyelenggara (KPU) segera melaporkan kepada bupatinya masing-masing terkait pembiayaan tersebut.

"Kami pemerintah provinsi ini kan tidak bisa lagi ada anggaran untuk PSU. Karena itu adalah anggaran daerah sebab PSU bukan kemauan dari provinsi, tetapi penyelenggara Panwas dan KPU di kabupaten yang memutuskan untuk PSU. Kalau mereka mau gelar siapkan anggaran dong," ucapnya.

Soal kapan waktu pelaksanaan PSU, dirinya mengatakan hal itu tergantung dengan situasi masing-masing daerah. Dalam artian keuangan siap dan semua sarana prasarannya siap, maka bisa dilaksanakan.

Ia juga meminta panitia pengawas pemilu (Panwas) di kabupaten/kota untuk menyelesaikan laporannya di daerah dan tidak boleh naik ke panwas provinsi.

"Memang saya akui itu ranahnya mereka. Akan tetapi sistem pemerintahan negara ini ada hal-hal kecil yang Panwas bisa selesaikan di kabupaten, selesaikanlah dengan jalan musyawarah. Kalau hal-hal besar saja yang diselesaikan di provinsi.

Tetapi yang terjadi semua masalah bawa ke provinsi semua. Akhirnya mau melaksanakan pemerintahan pasca pilkada berlangsung banyak masalah disana sini," ucapnya.

Komisioner KPU Provinsi Papua Tarwinto menyebutkkan, dua kabupaten yang akan menggelar PSU yakni di Kepulauan Yapen sebanyak 26 TPS sedangkan Kabupaten Jayapura belum ada keputusan.

"Hasil klarifikasi belum dihimpun ada berapa TPS yang bisa PSU. Hari ini KPU provinsi akan supervisi ke Kabupaten Jayapura," kata Tarwinto. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

LBH APIK siap fasilitasi kaum perempuan

Selanjutnya

Menpan RB bakal tempatkan lulusan IPDN Papua di kementerian

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe