PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Sumatera
  3. Siswa SMA Sumsel ciptakan papan anti kebakaran
  • Selasa, 07 Maret 2017 — 15:03
  • 771x views

Siswa SMA Sumsel ciptakan papan anti kebakaran

Peraih medali emas peserta dari SMAN Sumsel di ISPO 2017. (Jubi/Palembang.Tribunnews.com)
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Syam Terrajana

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Palembang, Jubi - Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Sumatera Selatan, Jaya Firmansyah dan Surya Bima Wicaksono menorehkan prestasi di Indonesian Science Project Olimpiad atau ISPO, lewat temuan papan partikel anti kebakaran.

"Kami berdua menghasilkan temuan papan partikel anti kebakaran menggunakan bahan limbah tongkol jagung dan sabut kelapa," kata Jaya Firansyah di Palembang, Selasa, ( 7/3).

Menurut dia, awalnya gagasan dari pemanfaatan limbah diperoleh dari literatur kalau tongkol jagung punya selulosa tinggi seperti halnya terkandung dalam material partikel yang kita tahu.

Dengan memanfaatkan sampah tongkol jagung yang berserakan di kawasan Jakabaring Palembang dan limbah sabut kelapa banyak ditemukan di halaman rumah Jaya dan Bima, kedua siswa ini memulai penelitian mereka dibawah bimbingan guru kimia Handayani.

Kedua limbah tersebut dibakar dalam oven dan dihaluskan, selanjutnya bahan tersebut dicampur dan dibakar kembali ke dalam oven dan untuk memperoleh hasil papan partikel yang baik bahan telah dibakar tadi dipress menggunakan alat khusus.

Terakhir papan partikel diolesi Natrium Sillicat sebagai bahan berfungsi menahan api sehingga efek panas bisa diminimalisir.

"Papan partikel ini bisa diterapkan sebagai home industry, karena bisa mengurangi korban jiwa dan kerugian ketika terjadi kebakaran," kata Jaya dan Bima.

Lewat karya tersebut Jaya dan Bima mengalahkan tiga finalis dari berbagai provinsi pada kompetisi ISPO di Sekolah Kharisma Tanggerang, pada 24-26 Februari lalu.

"Kami yakin penelitian ini akan efektf diterapkan selain juga mampu menghemat biaya pembuatan papan partikel dengan modal Rp22 ribu bisa mendapatkan papan partikel yang tahan api," katanya.(*)
 

 

 

 

#

Sebelumnya

Peringati HUT HKG-PKK Kabupaten Yahukimo gelar beragam kegiatan

Selanjutnya

Pemkot Padang perketat aturan gratifikasi

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua