Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Dunia
  3. Kedelai bantu pasien kanker payudara bertahan hidup lebih lama
  • Selasa, 07 Maret 2017 — 15:14
  • 951x views

Kedelai bantu pasien kanker payudara bertahan hidup lebih lama

Buat perempuan dengan kanker payudara hormon-reseptor-negatif, produk makanan kedelai mungkin memiliki potensi dampak menguntungkan dan meningkatkan kelangsungan hidup.
Kedelai ( Jubi/IdeAsik.com)
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Syam Terrajana

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Washington, Jubi - Makanan dari kedelai bukan hanya aman buat perempuan yang didiagnosis menderita kanker payudara, tapi bahkan mungkin bisa membantu sebagian pasien hidup lebih lama, demikian satu studi baru yang disiarkan pada Senin (6/3) waktu setempat.

Tapi dalam beberapa studi laboratorium, isoflavon, komponen kedelai yang memiliki kandungan yang mirip estrogen, telah diperlihatkan menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Dan analisis epidemiologi pada perempuan di Asia Timur yang menderita kanker payudara mendapati hubungan antara asupan lebih banyak isoflavon dan penurunan angka kematian.

Untuk memberi penjelasan, Fang Fang Zhang dari Friedman School of Nutrition and Policy di Tufts University dan rekannya meneliti hubungan antara asupan makanan yang mengandung isoflavon dan kematian oleh sebab apa pun pada 6.235 perempuan Kanada dan Afrika yang didiagnosis menderita kanker payudara.

Selama masa pengamatan sembilan tahun, perempuan yang menderita kanker payudara dan mengkonsumsi banyak isoflavon menghadapi 21 persen lebih rendah resiko kematian dibandingkan dengan perempuan yang mengkonsumsi sedikit isoflavon.

Penurunan itu terlihat hanya pada perempuan dengan tumor hormon-reseptor-negatif, dan pada perempuan yang tidak diobati dengan terapi kelenjar endoktrin seperti tamoxifen --yang menghalangi dampak estrogen.

Buat perempuan dengan kanker payudara hormon-reseptor-negatif, produk makanan kedelai mungkin memiliki potensi dampak menguntungkan dan meningkatkan kelangsungan hidup.

Perempuan yang tidak menerima terapi kelenjar endoktrin sebagai pengobatan kanker payudara mereka memiliki hubungan yang lebih lemah tapi secara statistik masih penting.

Para peneliti itu menyatakan mereka hanya meneliti isoflavon makanan yang muncul secara alamiah, bukan isoflavon tambahan.(*)



 


 

#

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

PTM IORA dipimpin tiga Menlu perempuan

Selanjutnya

Film dokumenter “Street Punk! Banda Aceh” pukau London

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe