Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Ekonomi
  3. BI target seluruh kabupaten masuk survei harga Pangan Nasional
  • Selasa, 07 Maret 2017 — 19:11
  • 1150x views

BI target seluruh kabupaten masuk survei harga Pangan Nasional

Dengan survei ini, kata Joko, pihaknya akan mengetahui secara ‘real’ atau nyata di tiap kabupaten yang ada di Papua. Yang akan disurvei tak hanya pasar modern, tapi juga pasar tradisional di tiap kabupaten.
Pembentukan Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se-Tanah Papua – Jubi/ Sindung Sukoco.
Sindung Sukoco
Editor : Syofiardi

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Setelah Kota Jayapura dan Merauke, Bank Indonesia menargetkan 2017 ini Mimika dan beberapa kota di Papua untuk ikut dalam survei harga pangan.

“Survei ini kan baru di Jayapura dan Merauke, Timika mulai tahun ini, dan beberapa kota lainnya di Papua akan juga masuk secara bertahap,” ujar Joko Supratikto kepada Jubi, Selasa (7/3/2017).
 
Dengan survei ini, kata Joko, pihaknya akan mengetahui secara ‘real’ atau nyata di tiap kabupaten yang ada di Papua. Yang akan disurvei tak hanya pasar modern, tapi juga pasar tradisional  di tiap kabupaten.
 
“Komoditas-komoditas tertentu penyumbang inflasi disurvei, jadi kita lihat secara real berapa harga komoditas di tiap daerah dan kemudian ter-update di Pusat Informasi Harga Strategis Pangan (PIHPS) Nasional ,” ujarnya.
 
Dengan begitu, Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dapat melakukan upaya stategis dan solusi mengatasi inflasi dari komoditas tersebut.
 
“Ini diwajibkan secara nasional oleh seluruh BI Perwakilan Provinsi untuk melakukan itu, dan kami harap ada penambahan kabupaten secara bertahap,” ujarnya.
 
BI Papua, katanya, masih kesulitan untuk mencari tim surveyor di daerah, sebab biasanya bekerja sama dengan universitas atau perguruan tinggi. Namun tidak semua daerah ada.
 
Bupati Merauke Fredy Gebze mengatakan, pada prinsipnya sangat mendukung upaya pemerintah terhadap pengendalian harga pangan di suatu daerah.
 
“Ini langkah baik dan pembentukan TPID daerah bisa menjadikan ini terukur,” katanya.
 
Ia tak menampik, kabupaten Merauke sebagai salah satu pilot project, karena potensi pasar dengan tren pertumbuhan yang meningkat, tak hanya produk untuk konsumsi di wilayah sendiri, juga untuk wilayah lain. (*)

loading...

Sebelumnya

Pasar sementara di Putaran P3 Waena butuh lampu

Selanjutnya

Gubernur sayangkan ada pemberian kredit hingga Rp400 miliar

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe