Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Program aliansi koperasi agrobisnis diluncurkan
  • Selasa, 07 Maret 2017 — 19:42
  • 998x views

Program aliansi koperasi agrobisnis diluncurkan

Untuk mendukung program ini Pemkab Jayapura menekan MoU beberapa waktu lalu di Klaten, Jawa Tengah dengan Pemerintah Amerika Serikat, USAID, Kementerian Koperasi dan Bappenas.
Dubes Amerika Serikat ketika menanam vanili secara simbolis di kawasan penyanggah sebagai tanda dimulainya kegiatan aliansi koperasi agribisnis – Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Sentani, Jubi – Pemerintah Kabupaten Jayapura menggandeng sejumlah pihak untuk meluncurkan program aliansi koperasi agrobisnis di Kampung Sumbe, Distrik Namblong.

Untuk mendukung program ini Pemkab Jayapura menekan MoU beberapa waktu lalu di Klaten, Jawa Tengah dengan Pemerintah Amerika Serikat, USAID, Kementerian Koperasi dan Bappenas.
 
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan semangat gotong royong masyarakat Papua dalam koperasi sudah ada sejak lama, bahkan sebelum bergabung dengan NKRI. Karena itu semangat ini harus dibangkitkan lagi melalui pelayanan berbasis pengembangan ekonomi masyarakat dari sektor agrobisnis.
 
“Sebelum masa peralihan Papua kedalam NKRI, di lembah Gramedia dan nama ini sudah ada sebuah lembaga perekonomian masyarakat yaitu koperasi Yawadatum. Semangat gotong royong masyarakat masa itu sangat kental sekali. Waktu terus berjalan, semangat ini tidak ada lagi dalam masyarakat kita,” katanya di Sentani, Selasa (7/3/2017).
 
Dengan perhatian khusus pada pengembangan ekonomi, lanjutnya, maka akan berdampak pada kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Masyarakat setempat pun diharapkan memanfaatkan fasilitas koperasi untuk pengembangan ekonomi.
 
“Mengikuti prosesi penanaman vanili yang sudah kita laksanakan di bawah kaki Gunung Siklop kemarin, maka hal yang sama juga diharapkan dapat bertumbuh dan dikembangkan melalui sarana koperasi yang sudah kita bentuk ini. Sebagai wadah pengembangan sumber ekonomi masyarakat di tempat ini,” ujarnya.
 
Ditemui bersamaan, Dubes AS, Joseph R Donovan Jr. mengaku sangat terkesan dengan upaya kerja sama antara As dengan Pemerintah Indonosia serta pihak-pihak swasta dalam memberikan pelayan prima bagi masyarakat lokal.
 
Empat puluh tahun, lanjutnya, Pemerintah AS melalui USAID melakukan banyak hal yang berdampak pada pengembangan ekonomi masyarakat, khususnya bidang agrobisnis. Kegiatan ini sedang berjalan di beberapa daerah di Indonesia seperti Sulawesi Tenggara, NTT dan Papua.
 
“Kita berharap apa yang sudah dicanangkan ini dapat berjalan dengan baik. Secara otomatis akan menjaga hubungan kenegaraan kita dimasa yang akan datang,” kata Joseph. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Pemerintah harus perhatikan panti jompo di Sentani

Selanjutnya

Marthen, 12 tahun jadi tukang sampah dan pemulung

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe