Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Kelompok Pelangi Kasih tanam 10.000 bibit vanili
  • Selasa, 07 Maret 2017 — 20:06
  • 1286x views

Kelompok Pelangi Kasih tanam 10.000 bibit vanili

Selain ribuan vanili, pohon kelapa dan matoa juga ditanam kelompok yang beranggotakan 20 orang ini untuk program penghijauan.
Sebanyak 10.000 tanaman vanili yang disemaikan oleh kelompok tani pelangi kasih siap untuk ditanam – Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Sentani, Jubi – Kelompok Tani Pelangi Kasih, Kampung Sereh, Distrik Sentani, Jayapura menanam sedikitnya 10.000 bibit vanili sebagai upaya menjaga kawasan penyangga dan cagar alam Siklop.

Selain ribuan vanili, pohon kelapa dan matoa juga ditanam kelompok yang beranggotakan 20 orang ini untuk program penghijauan.

Penanaman 10.000 bibit vanili oleh Kelompok Pelangi Kasih dilakukan Duta Besar AS, Joseph R. Donovan dan Bupati Mathius Awoitauw, Senin (7/3/2017).
 
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jayapura, Adolof Yoku mengatakan, sejumlah program pengembangan lahan tidur dilakukan oleh masyarakat lokal.
 
“Tahun lalu program ini kami luncurkan dengan memberikan pelatihan sekaligus memberikan fasilitas pertanian dan bibit tanaman yang dapat digunakan dan dikelola langsung oleh masyarakat,” katanya di Sentani, Selasa (7/3/2017).
 
Namun syaratnya, lanjut dia, masyarakat harus membentuk sebuah wadah (kelompok tani) untuk mengelola dan mengembangkan fasilitas dan bibit yang tersedia. Setelah itu fasilitas seperti hand traktor dan bibit vanila serta lada diberikan kepada kelompok tersebut.
 
Ketua Kelompok Pelangi Kasih, Yoseph Lens Ondy mengatakan, dalam waktu dekat pada lahan 50x50 m2 penanaman dilakukan pihaknya.
 
“Tanaman ini merupakan tanaman tumpang sari jadi butuh juga tanaman lain sebagai penyangga. Tentunya kita akan mencari tanaman yang punya banyak fungsi seperti gamal. Selain menjadi pagar hidup di kawasan ini, daun gamal sebagai pakan ternak dan pengelola unsur hara tanaman vanili,” katanya.

Ia melanjutkan pemerintah perlu sosialisasi dan koordinasi dengan masyarakat pemilik ulayat dalam melakukan program ini. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Marthen, 12 tahun jadi tukang sampah dan pemulung

Selanjutnya

KPK sosialisasikan gratifikasi di Jayapura

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe