Festival Film Papua
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Calon pedagang Pasar Mama-Mama Papua dipersiapkan
  • Rabu, 08 Maret 2017 — 18:58
  • 809x views

Calon pedagang Pasar Mama-Mama Papua dipersiapkan

Ketua Pokja Papua, Judith mengatakan, pelatihan dilakukan agar mama-mama lebih kompetitif. Mereka dibantu cara mengelola hasil kebun dan usaha yang mereka jalankan harus memiliki izin dari Dinas Perdagangan dan sertifikat dari Dinas Kesehatan, sehingga memiliki legalitas.
Pedagang mama-mama Papua saat mengikuti pelatihan dan pembinaan oleh Pokja Papua di Pasar Mama-Mama Papua lantai empat, Rabu ( 8/3/2017) – Jubi/ Agus Pabika.
Agus Pabika
pabikaa169@gmail.com
Editor : Syofiardi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Pasar Mama-Mama Papua yang sudah dibangun di Jayapura kota, kini belum ditempati pedagang karena menunggu diresmikan Presiden. Saat ini Pokja Papua sedang melakukan pelatihan dan pembinaan terhadap Mama-Mama Papua yang akan menempati pasar.

Ketua Pokja Papua, Judith mengatakan, pelatihan dilakukan agar mama-mama lebih kompetitif. Mereka dibantu cara mengelola hasil kebun dan usaha yang mereka jalankan harus memiliki izin dari Dinas Perdagangan dan sertifikat dari Dinas Kesehatan, sehingga memiliki legalitas.
 
"Kami di sini melatih mama-mama untuk berpola hidup sehat, baik jasmani dan rohani, bagaimana cara merawat diri sebagai pedagang dan mengelola makanan yang sehat dan bersih, ini menjadi peluang mama-mama untuk mendapatkan keuntungan," katanya kepada Jubi, Rabu (8/3/2017).
 
Ketika mama-mama mengelola usaha makanan dan minuman, katanya, harus sehat dan sesuai standar. Kemudian bisa memanfaatkan hasil kebun mereka.
 
"Dalam diskusi kami bersama mama-mama ada yang berkeinginan untuk menjual makanan jadi khas Papua seperti papeda, warung kopi yang diusulkan oleh mama dari Wamena, ada yang mau buka warung jus buah, di sini kami melatih mereka dalam mengelola dagangan selama 18 bulan berjalan ini," ujarnya.
 
Hal ini, lanjutnya, membuktikan Mama-Mama Papua bisa mengelola sendiri hasil dagangan mereka, karena pasar yang akan mereka tempati juga sangat strategis di kelilinggi enam hotel berkelas dan perkantoran.
 
Seorang peserta, Mama Helena berharap pelatihan yang diikutinya dapat diterapkan setelah berdagang nanti di Pasar Mama-Mama.
 
"Dinas Perindakop Kota Jayapura yang nanti akan mengelola pasar ini diharapkan aktif dalam setiap kegiatan yang sifatnya mempromosikan hasil karya Mama-Mama melalui iven, misalnya melibatkan kami dalam pameran pariwisata yang nanti digelar di kota Jayapura," katanya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Gubernur sayangkan ada pemberian kredit hingga Rp400 miliar

Selanjutnya

Papua ekspor beras ke PNG, ini saran legislator

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua