TUTUP
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Papua ekspor beras ke PNG, ini saran legislator
  • Rabu, 08 Maret 2017 — 19:04
  • 998x views

Papua ekspor beras ke PNG, ini saran legislator

Menurutnya, program cetak lahan pertanian perlu didorong. Apalagi beberapa waktu lalu pemerintah pusat mencanangkan Merauke sebagai lumbung padi dan direncanakan akan dibuat satu juta hektare sawah baru di kabupaten itu.
Beras Merauke - Dok. Jubi.
Arjuna Pademme
[email protected]
Editor : Syofiardi

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Legislator Papua merespon positif ekspor beras dari Kabupaten Merauke ke Papua Nugini (PNG).

Mustakim, anggota Komisi II DPR Papua yang membidangi pertanian dan ekonomi menyebut ekspor tersebut sebagai langkah maju. Sebab selama ini kebutuhan beras di Papua bergantung kepada daerah lain di Indonesia.
 
"Hanya saja, saran kami ekspor beras ini harus dimbangi dengan luas lahan dan  pemerintah provinsi, kabupaten penghasil, serta Kementerian Pertanian perlu memperhatikan itu," katanya, Rabu (8/3/2017).
 
Menurutnya, program cetak lahan pertanian perlu didorong. Apalagi beberapa waktu lalu pemerintah pusat mencanangkan Merauke sebagai lumbung padi dan direncanakan akan dibuat satu juta hektare sawah baru di kabupaten itu.
 
"Stok beras di Merauke ketika musim panen berlimpah, sulitnya akses angkut menyebabkan beras Merauke sulit dipasok ke semua wilayah Papua, bagaimana agar hasil panen itu tak menumpuk, solusinya membuka ekspor ke PNG, negara tetangga terdekat dengan Papua," ujarnya.
 
Untuk mengimbangi pasokan ekspor dan stok beras di Papua, kata Mustakim, selain membuka lahan baru di Merauke, perlu juga dipikirkan pembukaan lahan sawah baru di kabupaten lain yang berpotensi sebagai daerah pertanian, misalnya di Kabupaten Nabire, Sarmi, Keerom, dan Jayapura.
 
"Di Papua sendiri beras Merauke diperuntukan sebagai beras jatah Aparatur Sipil Negara (ASN), jadi ini perlu diimbangi dengan ketersedian stok," katanya.
 
Pertengahan Februari lalu Papua resmi menjadi penyuplasi beras ke PNG. Gubernur Papua Lukas Enembe ketika itu menyebutkan itu pertama kalinya Papua mengekspor beras.
 
"Kami ingin ekspor beras ini dilakukan secara berkelanjutan, semoga setiap tahunnya bisa dilakukan ekspor," kata Enembe. (*)

loading...

Sebelumnya

Calon pedagang Pasar Mama-Mama Papua dipersiapkan

Selanjutnya

BI rekomendasi kurangi ketergantungan pada pertambangan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe
wso shell IndoXploit shell wso shell hacklink hacklink satış hacklink wso shell evden eve nakliyat istanbul nakliyat evden eve nakliyat istanbul evden eve nakliyat evden eve nakliyat istanbul nakliyat