Festival Film Papua
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Anim Ha
  3. Pilkada Mappi, pasangan Jumame-Yermogoin gugat KPU ke MK
  • Kamis, 09 Maret 2017 — 19:23
  • 1161x views

Pilkada Mappi, pasangan Jumame-Yermogoin gugat KPU ke MK

“Kami sudah mendaftarkan gugatan di MK beberapa waktu lalu dan setelah diteliti, Akte Permohonan Lengkap (APL). Dengan demikian, akan menunggu jadwal untuk persidangan digelar,” tuturnya.
Pengacara Jumame-Yermogoin, Efraim fangohoy - Jubi/Frans L Kobun
Editor : Angela Flassy

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Merauke, Jubi - Meskipun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mappi telah menetapkan pasangan nomor urut 2 Kristosimus Yohanes Anggawemu-Jaya Ibnu Su’ud sebagai pemenang pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 15 Februari 2017 lalu, namun kemenangan mereka masih dipersoalkan hingga ke ranah hukum.

Pasangan nomor urut I, Aminadap Jumame-Stevanus Yermogoin menempuh upaya hukum ke Mahkamah Konstitusi (MK). Pihaknya akan menggugat KPU Karena ada beberapa permasalahan ditemukan saat Pilkada berlangsung.

“Kami  tidak mempersoalkan angka perolehan suara. Karena terpaut jauh dengan pasangan nomor urut dua,” ujar Kuasa Hukum Jumame-Yermogoin, Efrem Fangohoy,SH saat dihubungi Jubi melalui telepon seluler dari Merauke Kamis (9/3/2017).

Namun demikian, jelas dia, ada dua point penting lain yang dibawa ke MK diantaranya penyelenggara dalam hal ini KPU Mappi tidak netral pada pelaksanaan Pilkada. Ada bukti rekaman video dan siap dibuka saat persidangan dilangsungkan di MK nanti.

Persoalan lainnya terdapat peserta pasangan Calon Bupati dan Wabup Mappi tidak memenuhi persyaratan mengikuti  Pilkada, namun ada dugaan permainan dari penyelenggara (KPU;red) sehingga diloloskan mengikuti pesta demokrasi tersebut.

“Kami sudah mendaftarkan gugatan di MK beberapa waktu lalu dan setelah diteliti, Akte Permohonan Lengkap (APL). Dengan demikian, akan menunggu jadwal untuk persidangan digelar,” tuturnya.

Ditambahkan, Senin 13 Maret, pihaknya kembali ke MK lagi guna mendapatkan informasi kepastian sidang perdananya. “Ya, minggu depan, sudah bisa diketahui kapan sidang perdana digelar,” tuturnya.

Tim pengacara lain, Dewi Lampita,SH membenarkan  pihaknya masih menunggu jadwal persidangan di MK.

“Saya masih menangani beberapa perkara di Pengadilan Negeri (PN) Merauke, sehingga belum bisa memastikan apakah akan ikut saat persidangan  di MK atau tidak nanti,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Penerimaan bintara polisi, Polres Merauke libatkan LMA

Selanjutnya

Pemkab Boven Digoel uji coba tanam lada dua hektare di Asiki

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe