PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Anim Ha
  3. Pemkab Boven Digoel uji coba tanam lada dua hektare di Asiki
  • Kamis, 09 Maret 2017 — 19:30
  • 608x views

Pemkab Boven Digoel uji coba tanam lada dua hektare di Asiki

Dari struktur tanah, lanjut Wabup, sangat cocok ditanami pohon lada, selain durian maupun rambutan. Pada prinsipnya, pemerintah menginginkan masyarakat tak hanya fokus menanam kelapa sawit. Tetapi tanaman umur pendek lain perlu dikembangkan.
Masyarakat di Kabupaten Boven Digoel saat membawakan tarian adat beberapa waktu lalu - Jubi/Frans L Kobun
Editor : Angela Flassy

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Merauke, Jubi -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boven Digoel bersama masyarakat dan Satuan Tugas (Satgas) TNI membuka lahan seluas dua hektare untuk menanam anakan lada. Penanaman difokuskan di salah satu kampung di Distrik Asiki beberapa waktu lalu.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Boven Digoel, Chaerul Anwar saat ditemui Jubi di kediamannya di Merauke Kamis (9/3/2017). “Itu sebagai salah satu bentuk ‘rangsangan’ kepada masyarakat setempat,” ujarnya.

Dari struktur tanah, lanjut Wabup, sangat cocok ditanami pohon lada, selain durian maupun rambutan. Pada prinsipnya, pemerintah menginginkan  masyarakat tak hanya fokus menanam kelapa sawit. Tetapi tanaman umur pendek lain perlu dikembangkan.

Khusus pohon lada, jelas dia, pada usia setahun sudah bisa panen. Untuk satu pohon, lada bisa dipanen sampai 5 kilogram. Sedangkan harga di pasaran, satu kilogram dibeli Rp200.000. Jadi, satu pohon saja, jika tumbuh dan berhasil baik, warga sudah bisa mendapatkan uang Rp1 juta.

Dijelaskan, dari dua hektare lahan yang dibuka, kurang lebih 2.500 anakan pohon lada di tanam. Tentunya jika berhasil, maka ini menjadi salah satu komoditi andalan  Boven Digoel.

“Saya sudah memberikan pemahaman kepada masyarakat di beberapa kampung di Distrik Asiki agar  memanfaatkan lahan dengan menanam anakan lada. Tidak hanya mengembangkan kelapa sawit yang usia panennya hingga bertahun-tahun itu,” tuturnya.

Ditambahkan, secara umum, masyarakat di kampung-kampung tidak memiliki pendapatan pasti setiap bulan. Sehingga salah satu solusinya adalah mencoba mendorong mereka mengembangkan tanaman umur pendek seperti lada yang bisa memberikan harapan hidup. (*)

Sebelumnya

Pilkada Mappi, pasangan Jumame-Yermogoin gugat KPU ke MK

Selanjutnya

Pejabat di Boven Digoel diingatkan tidak hanya tuntut hak

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua