PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Penkes
  3. Kota dan kabupaten Jayapura hanya miliki 2 bank darah
  • Sabtu, 11 Maret 2017 — 04:46
  • 645x views

Kota dan kabupaten Jayapura hanya miliki 2 bank darah

“Kami hanya miliki dua bank darah, yaitu di RSUD Jayapura dan RSUD Abepura, untuk di RSUD Abepura melayani RSUD Youwari di Kabupaten Jayapura, RS Bhayangkara dan RS Dian Harapan, sedangkan RSUD Jayapura melayani RS Marthen Indey dan RS Angkatan Laut,” katanya.
Loket bank darah di RSUD Abepura – Jubi/Roy Ratumakin.
Roy Ratumakin
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Syofiardi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Dari enam rumah sakit yang ada di kota dan kabupaten Jayapura hanya dua rumah sakit yang menyediakan bank darah. Hal ini dikatakan petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Madya Jayapura, Yolan yang ditemui Jubi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abepura, Jumat (10/3/2017).

“Kami hanya miliki dua bank darah, yaitu di RSUD Jayapura dan RSUD Abepura, untuk di RSUD Abepura melayani RSUD Youwari di Kabupaten Jayapura, RS Bhayangkara dan RS Dian Harapan, sedangkan RSUD Jayapura melayani RS Marthen Indey dan RS Angkatan Laut,” katanya.
 
Ia menjelaskan, saat ini PMI sedang mengalami kesulitan darah untuk golongan darah AB. Sebab golongan darah ini susah dan kebanyakan kalau ada masyarakat yang membutuhkan PMI berinisiatif meminta para anggota keluarganya untuk donor.
 
Yolan mengatakan, untuk satu kantong darah dikenai biaya Rp350 ribu untuk pasien bukan pemilik Kartu Papua Sehat (KPS) dan BPJS Kesehatan. Sedangkan bagi pemilik kartu dilayani gratis. Namun itu bukan harga darah, melainkan untuk Biaya Pemprosesan Darah (BPD).
 
“Proses pengambilan darah dari pendonor memang tidak bisa langsung diberikan kepada penerima, ada tahapan yang harus dilakukan selama enam jam, sebelum darah bisa diberikan kepada penerima harus melalui tahap uji kelayakan bebas dari penyakit seperti HIV, Malaria, dan Hepatitis,” ujarnya.
 
Direktur RSUD Abepura Erens Barends mengatakan, persediaan darah atau Bank Darah di RSUD yang dipimpinnya sepenuhnya adalah kewenangan PMI. Pihaknya hanya menyediakan ruang dan fasilitas pendukung seperti tempat penyimpanan kantong darah.
 
“Kami di sini hanya sebatas melakukan pemantauan, kalau persediaan darah berkurang kami hanya melakukan koordinasi dengan PMI, namun kalau tidak ada persediaan, kami minta keluarga pasien melakukan donor darah, hanya itu kewenangan kami dalam hal bank darah,” katanya. (*)
 

Sebelumnya

Fasilitator nasional lakukan supervisi di beberapa sekolah di Kota Jayapura

Selanjutnya

Baru 40 persen kepala sekolah di Kota Jayapura miliki sertifikasi

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua