Festival Film Papua
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Asura minta PSU dibatalkan dan penyelenggara pilkada diganti
  • Senin, 13 Maret 2017 — 19:09
  • 959x views

Asura minta PSU dibatalkan dan penyelenggara pilkada diganti

Seorang orator, Herman Oyaitouw, dalam orasinya di halaman DPRD Jayapura, Senin (13/3/2017) mengatakan, mereka datang untuk mempertanyakan dan mendengar hasil pilkada 15 Februari 2017.
Massa dari Asura ketika menduduki kantor DPRD Kabupaten Jayapura – Jubi/Engel Wally.
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Sentani, Jubi – Sekelompok warga yang menamakan diri Aspirasi Suara Rakyat (Asura) mendatangi kantor DPRD Kabupaten Jayapura untuk mendesak pembatalan PSU (pemungutan suara ulang) dan mengganti penyelenggara pilkada yang dinilai tidak melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.
 
Seorang orator, Herman Oyaitouw, dalam orasinya di halaman DPRD Jayapura, Senin (13/3/2017) mengatakan, mereka datang untuk mempertanyakan dan mendengar hasil pilkada 15 Februari 2017.
 
“Sampai saat ini belum ada informasi yang jelas, maka kami minta kepada penyelenggara di tingkat provinsi KPU dan Bawaslu agar segera mengambil alih tahapan pilkada selanjutnya,” teriaknya.
 
Orator lainnya, Petrus Hamongkwarong bahkan menuding penyelenggara tidak konsisten melaksanakan tugas dan fungsinya.
 
“KPU dan Panwas tidak melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, sekarang minta lagi anggaran untuk PSU. Dana sebesar Rp 5,7 miliar yang diminta ini kalau dipergunakan untuk kepentingan masyarakat mungkin lebih bermanfaat daripada buang-buang uang untuk PSU, karena masyarakat sudah memberikan hak suaranya 15 Februari lalu. Masyarakat yang mana lagi yang akan digunakan untuk melaksanakan PSU di daerah ini?” katanya.
 
DPRD bakal panggil KPU dan Pawaslu terkait PSU
 
Massa usai berorasi membacakan beberapa aspirasinya, beberapa di antaranya adalah:
 
Menolak dengan tegas rekomendasi Panwas Kabupaten Jayapura tentang pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten Jayapura tahun 2017;
 
Meminta kepada KPU Kabupaten Jayapura untuk tidak memaksa kehendak untuk melaksanakan rekomendasi Panwas tersebut;
 
KPU Papua agar segera mengambil alih pleno KPU Kabupaten Jayapura yang tertunda tanpa alasan yang jelas;
 
Rakyat Kabupaten Jayapura mendukung sidang DKPP terhadap KPU dan Panwas Jayapura tanggal 14 Maret 2017;
 
DPRD Kabupaten Jayapura segera memanggil KPU dan Panwas untuk menjelaskan dasar dilakukan PSU.
 
Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Edison Awoitauw mengatakan, pihaknya menjamin tidak akan dilaksanakan PSU di kabupaten ini.
 
“Bahwasannya untuk pelaksanaan PSU sama sekali tidak bisa dilakukan sebelum dijelaskan dasar dan alasannya. Sementara untuk melakukan PSU tentu menggunakan anggaran yang besar dan anggaran tersebut tidak kami sediakan,” kata Edison.
 
Ia melanjutkan, dalam waktu dekat pihaknya memanggil KPU dan Panwaslu Jayapura agar mereka menjelaskan alasan menggelar PSU.
 
Ia juga berpendapat proses pungut-hitung tanggal 15 Februari lalu sudah berjalan baik hingga selesai. Sesuai aturan, lanjutnya, waktu pengajuan untuk dilakukan PSU hanya 14 hari saja.
 
“Persolan yang menjadi aspirasi masyarakat ini tentu akan ditindaklanjuti oleh pansus DPRD yang telah kami bentuk sejak Oktober tahun lalu. Sebagai penanggung jawab pansus kami juga akan memanggil kedua pihak penyelenggara pilkada ini untuk menjelaskan secara terperinci apa alasan mereka untuk menggelar PSU,” katanya.
 
Tokoh pemuda Kabupaten Jayapura, Otniel Deda mengatakan, PSU yang dimaksud oleh penyelenggara sama sekali tidak sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku.
 
“Ini penyelenggara tahu aturan tidak? Untuk itu kami minta kepada semua pihak agar tetap mengawal semua proses ini sampai dengan pleno suara 19 distrik dilaksanakan,” kata Otniel. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Anggaran pilkada 2017 wajib dibuatkan LPJ

Selanjutnya

BPS Jayapura lakukan susenas di 19 distrik

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe