PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. BPS Jayapura lakukan susenas di 19 distrik
  • Senin, 13 Maret 2017 — 19:19
  • 568x views

BPS Jayapura lakukan susenas di 19 distrik

“Susenas adalah kegiatan atau produk BPS yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Oleh sebab itu, semua data yang ada ditengah masyarakat dalam hitungan grafik, baik skala kecil, maupun besar terdata dengan baik untuk kepentingan umum, secara khusus pendataannya,” ujarnya.
Situasi pendataan yang dilakukan oleh petugas pangan BPS Kabupaten Jayapura – Jubi/Engel Wally.
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Sentani, Jubi – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jayapura melakukan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) di 19 distrik, 1-20 Maret 2017.

Kepala BPS Kabupaten Jayapura, Jefrry de Fretes mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan sejak tahun 1963 dan dilakukan dua kali setahun ini untuk mengumpulkan informasi/data di bidang kependudukan, kesehatan, pendidikan, keluarga berencana, perumahan, serta konsumsi dan pengeluaran yang akan dibutuhkan berbagai pihak.
 
“Data itu juga akan dibutuhkan oleh pihak-pihak yang membutuhkan data tersebut,” katanya kepada Jubi di Sentani, Senin (13/3/2017).
 
Menurut dia, output yang akan dihasilkan dari kegiatan selama 20 hari itu adalah adanya data akuran terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM), sanitasi, jumlah pendapatan, dan sistem ekonomi berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).
 
“Susenas adalah kegiatan atau produk BPS yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Oleh sebab itu, semua data yang ada ditengah masyarakat dalam hitungan grafik, baik skala kecil, maupun besar terdata dengan baik untuk kepentingan umum, secara khusus pendataannya,” ujarnya.
 
Maka dari itu, diharapkan apa yang dilakukan ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan data.
 
“Masyarakat juga kita inginkan agar memberikan data yang benar-benar sesuai dengan fakta yang dimiliki, sehingga dalam pelaksanaan Susenas juga dapat menghimpun data yang benar-benar valid,” katanya.
 
Staf BPS Jayapura yang ikut dalam pendataan itu, Leonard Koromat mengatakan, dirinya telah menyelesaikan dua blok pendataan (1 blok = 10 kepala keluarga) di Distrik Depapre.
 
“Target kita untuk 19 distrik harus diselesaikan 400 blok. Jadi, sebelum tanggal 20 Maret semua data sudah kami input lalu kirim ke pusat,” katanya.
 
Staf BPS lainnya, Dave Lewerisa mengaku pihaknya terkendala soal waktu pendataan yang belum maksimal. Tiap kepala keluarga yang didatangi harus diwawancara selama dua jam.
 
“Banyak form yang harus diisi melalui sejumlah pertanyaan kepada masing-masing kepala keluarga. Tetapi target yang telah dipatok ini harus diselesaikan dengan mendapatkan data yang akurat,” katanya. (*)

Sebelumnya

Asura minta PSU dibatalkan dan penyelenggara pilkada diganti

Selanjutnya

ASN Jayapura hadiri sosialisasi tentang korupsi

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua