PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Penkes
  3. Belajar di ruang terbuka ala SMAN 4 Jayapura
  • Selasa, 14 Maret 2017 — 14:14
  • 471x views

Belajar di ruang terbuka ala SMAN 4 Jayapura

“Karena menurut kami belajar di luar ruangan kelas merupakan salah satu upaya pembelajaran terbuka, tempat peserta didik bisa saling berinteraksi, baik dengan sesama maupun dengan alam sekitarnya,” katanya kepada Jubi, Jumat (13/3/2017).
Siswa jurusan MIPA SMAN 4 Jayapura belajar di ruangan terbuka – Jubi/Roy Ratumakin.
Roy Ratumakin
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Syofiardi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Belajar di ruang terbuka (outdoor) menjadi salah satu cara di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Jayapura untuk menghindari kejenuhan, kebosanan, dan persepsi belajar hanya di dalam kelas.

Kepala SMAN 4 Jayapura Laba Sembiring mengatakan, pembelajaran outdoor telah diterapkan di sekolah yang dipimpinnya itu sejak empat tahun terakhir.
 
“Karena menurut kami belajar di luar ruangan kelas merupakan salah satu upaya pembelajaran terbuka, tempat peserta didik bisa saling berinteraksi, baik dengan sesama maupun dengan alam sekitarnya,” katanya kepada Jubi, Jumat (13/3/2017).
 
Kegiatan seperti itu, katanya, sangat dirasakan manfaatnya, karena selain dapat mengubah persepsi pembelajaran, siswa juga bisa lebih aktif dan kreatif.
 
Dalam pelaksanaannya, katanya, pembelajaran outdoor tidak berbeda dengan pembelajaran di dalam ruangan. Namun mampu memberikan suasana belajar yang santai dan menyenangkan, karena peserta didik merasa terlepas dari situasi yang formal.
 
“Keuntungan lainnya, siswa bisa memiliki rasa tanggung jawab, dapat bekerja sama, tenggang rasa, menghormati orang lain, berani mengemukakan pendapat, berani mengajukan pertanyaan, belajar bersosialisasi dengan orang yang baru dikenal dan sebagainya,” ujarnya.
 
Dina Peranginangin, siswa kelas 11 MIPA SMAN 4 Jayapura menuturkan, proses belajar-mengajar di luar ruangan kelas memberikan manfaat lebih, seperti menghilangkan kejenuhan dengan suasana ruang kelas yang monoton.
 
“Kalau di kelas kan monoton, sedangkan di luar kelas kita bisa berinteraksi dengan lingkungan sekitar, namun ada kelemahannya yaitu kita bisa terganggu dengan kebisingan lingkungan sekitarnya, apalagi jurusan MIPA membutuhkan kosentrasi lebih,” katanya. (*)

Sebelumnya

Sekolah siap berebut juara umum di OSN 2017

Selanjutnya

UI sosiasilasi agar anak-anak Papua bisa kuliah di sana

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua