Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Penkes
  3. RSUD Yowari butuh bank darah sendiri
  • Selasa, 14 Maret 2017 — 19:37
  • 899x views

RSUD Yowari butuh bank darah sendiri

“Selama ini bank darah ada di kabupaten, kalau bank darah ada di rumah sakit kan aman keluarga pasien yang membutuhkan darah, tidak perlu ke kabupaten cukup di rumah sakit kita tinggal ambil saja," katanya kepada Jubi
Gerbang RSUD Yowari, Kabupaten Jayapura – Jubi/ Yance Wenda.
Yance Wenda
Editor : Syofiardi
LipSus

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Sentani, Jubi – RSUD Yowari, Kabupaten Jayapura belum memiliki bank darah, padahal fasilitas tersebut sangat diperlukan. Selama ini kebutuhan darah masih dipasok dari PMI Kabupaten Jayapura.

Direktur RSUD Yowari Dr. Michael Demetouw mengatakan, bank darah memang harus ada di sebuah rumah sakit.
 
“Selama ini bank darah ada di kabupaten, kalau bank darah ada di rumah sakit kan aman keluarga pasien yang membutuhkan darah, tidak perlu ke kabupaten cukup di rumah sakit kita tinggal ambil saja," katanya kepada Jubi, Selasa (14/3/2017).
 
Michael mengatakan, siap melakukan apa saja demi peningkatan pelayanan di rumah sakit tersebut, termasuk membangun tempat bank darah. Namun kewenangan ada pada pemda dan pemda belum membicarakannya.
 
Ia berharap bank darah ada di RSUD Yowari. Bank darah, katanya, harus ada di sebuah rumah sakit agar pelayanan berjalan dengan baik.
 
Kepala Unit Transfungsi Darah PMI Kabupaten Jayapura, dr. Raflus Doranggi, M.H mengatakan, dalam tiga bulan terakhir ada kendala ketersediaan stok darah. Namun Maret ini stok sudah ada.
 
“Saya belum tahu pasti karena belum cek, tapi yang jelas stoknya ada, apakah terpenuhi semua golongan darah, saya mesti cek di RSUD Yowari lagi karena kami punya transfusi darah dan tempat penyimpanan ada di sana,” ujarnya ketika dikontak Jubi.
 
Raflus mengatakan, dua bulan terakhir ada sedikit kendala karena belum berjalannya unit mobile. Ini menyebabkan belum banyak darah terkumpul.
 
“Namun Maret kembali berjalan dengan cara mobile dan dalam tiga minggu ini ada tiga kali kali kami melakukan donor darah secara mobile, kami berharap dengan stok darah yang ada nanti masyarakat dapat menggunakan darah dengan baik ,” ujarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

UI sosiasilasi agar anak-anak Papua bisa kuliah di sana

Selanjutnya

SMAN 5 Jayapura siapkan genset hadapi USBN dan UNBK

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe