Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Harga ikan laut mahal akibat tangkapan nelayan menurun
  • Rabu, 15 Maret 2017 — 18:15
  • 920x views

Harga ikan laut mahal akibat tangkapan nelayan menurun

“Kondisi ini menyebabkan harga ikan ekor kuning yang awalnya Rp30 ribu sekarang Rp35 ribu dan ukuran besar utuh ekor kuning Rp150 ribu,” katanya.
Penjual ikan laut di tempat pendaratan ikan Hamadi – Jubi/ Ramah
Agus Pabika
pabikaa169@gmail.com
Editor : Syofiardi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Akibat cuaca musim angin dan bulan terang, hasil tangkapan nelayan di Kota Jayapura mulai berkurang sehingga berdampak pada kenaikan harga ikan laut.

“Harga ikan laut di Pasar Youtefa mulai naik sejak awal Maret ini, karena hasil tangkapan kurang, nelayan mengaku susah mendapatkan ikan di laut,” kata Iwan, penjual ikan laut di Pasar Youtefa, Selasa (14/3/2017).

Iwan menjelaskan, cuaca bulan terang menyebabkan ikan tidak naik atau terapung. Ini ditambah dengan musim angin. Ini berbeda dengan sebelumnya yang musim hujan dan gelap sehingga tangkapan banyak.

“Kondisi ini menyebabkan harga ikan ekor kuning yang awalnya Rp30 ribu sekarang Rp35 ribu dan ukuran besar utuh ekor kuning Rp150 ribu,” katanya.

Kepala Bidang Data Informasi Bagian Wilayah V Balai Meteologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jayapura, Darmawan mengatakan, prospek cuaca satu minggu berjalan berawan hingga hujan, diikuti gelombang laut paling tinggi 1,5 meter.

“Arahnya dari barat hingga timur laut, karena matahari ada di belahan bumi utara, sehingga saat ini permukaan laut itu suhunya menghangat,” ujarnya saat ditemui Jubi.

Mulai menghangatnya suhu, lanjutnya, maka terjadi upwelling sehingga makanan ikan seperti plankton naik ke permukaan. Ini menyebabkan makanan ikan menjadi banyak tersebar, sehingga ikan-ikan di laut tidak bergerombolan di satu tempat.

“Kalau makanan sedikit ikan akan bergerombolan untuk mencari tempat yang ada makanan, namun karena makanan banyak ikan-ikan pun tersebar di mana-mana sehingga nelayan susah menangkapnya,” ujarnya (*)

loading...

Sebelumnya

BI Papua temukan cek dan bilyet giro kosong Rp39,9 miliar

Selanjutnya

Usaha kerajinan khas Papua berharap modal dari pemerintah

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe