Konferensi Luar Biasa
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Kabupaten kota diminta dorong potensi perkebunan
  • Rabu, 15 Maret 2017 — 19:03
  • 829x views

Kabupaten kota diminta dorong potensi perkebunan

"Pemerintah Provinsi Papua di bawah kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Lukas Enembe-Klemen Tinal, sangat memberikan perhatian penuh kepada sektor perkebunan. Hal yang sama juga harus dilakukan oleh pemerintah kabupaten dan kota," ujarnya..
Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen bersama beberapa pimpinan OPD membuka Rakernis dan Konsultasi Pembangunan Perkebunan se Papua - Jubi/Alex
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Yuliana Lantipo

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi - Pemerintah Provinsi Papua meminta kabupaten kota untuk mendorong potensi perkebunanan di masing-masing wilayah. Pasalnya sampai saat ini pengembangan komoditas unggulan masih belum dilakukan secara optimal.

Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen mengatakan pemerintah kabupaten dan kota harus bisa mendorong kelompok masyarakat, keluarga untuk fokus mengembangkan komoditas perkebunan yang dianggap mampu mendukung kebutuhan masyarakat dan mudah dikembangkan oleh para petani di Papua.

"60 persen kabupaten di wilayah pedalaman masyarakatnya bergantung pada makanan umbi-umbian, sementara wilayah pesisir pantai sagu. Untuk itu pemerintah kabupaten/kota harus dorong potensi yang ada dengan baik," kata Hery pada Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Dalam Rangka Koordinasi dan Konsultasi Pembangunan Perkebunan se Provinsi Papua tahun 2017, di Jayapura, Selasa (14/3/2017).

Menurut Hery, banyak terdapat masalah diantaranya, terkait tanah adat, kondisi geografis, keamanan dan aspek-aspek yang berkorelasi dengan kearifan lokal masyarakat yang sangat kental.

Untuk itu, ia berharap melalui Rakernis masing-masing kabupaten kota bisa memetakan perkebunan yang ada di wilayah Bumi Cenderawasih. Karena perkebunan bukan satu areal tanah yang besar, tapi bagaimana memberikan pemahaman kepada masyarakat dan kelompok masyarakat untuk membuka lahan-lahannya untuk menanam komoditi unggulan.

"Pemerintah Provinsi Papua di bawah kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Lukas Enembe-Klemen Tinal, sangat memberikan perhatian penuh kepada sektor perkebunan. Hal yang sama juga harus dilakukan oleh pemerintah kabupaten dan kota," ujarnya..

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Papua Jhon Nahumury mengklaim, saat ini pihaknya terus mendorong petani lokal untuk meningkatkan produksi kakao di sentra-sentra pengembangannya.

Dimana upaya peningkatan produksi komoditas ini dilakukan dengan menggerakan kembali gerakan tiada hari tanpa perawatan dan pemeliharaan tanaman kakao.

"Gerakan tiada hari tanpa perawatan dan pemeliharaan tanaman kakao ini telah dicanangkan oleh Gubernur Papua pada November 2014 dan diharapkan dapat membantu meningkatkan produksi komoditas ini," kata Jhon. (*)

 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Pemprov harap ke depan Papua jadi daerah layak anak

Selanjutnya

BP3AKB termotivasi berikan pelayanan perlindungan perempuan dan anak

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe