Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Otonomi
  3. Dinas perkebunan minta petani kakao manfaatkan peluang pasar
  • Kamis, 16 Maret 2017 — 20:23
  • 975x views

Dinas perkebunan minta petani kakao manfaatkan peluang pasar

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty mengatakan Pemerintah Provinsi Papua terus mendorong para petani lokal untuk mengembangkan komoditas kopi dan kakao, hal ini dalam rangka mempersiapkan diri memenuhi permintaan pasar.
Ilustrasi Kebun Kakao di Papua - IST
Alexander Loen
Editor : Yuliana Lantipo
LipSus
Features |
Senin, 23 April 2018 | 13:37 WP
Features |
Selasa, 17 April 2018 | 13:24 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi - Kepala Dinas Pekebunan Provinsi Papua, Jhon Nahumury mengatakan komoditas kakao dari Papua telah memiliki pangsa pasar yang baik, harga bagus dan kualitas terjamin, namun dari segi produksi masih belum maksimal.

"Kakao Papua nilai jualnya sangat baik, untuk itu kami terus dorong petani untuk meningkatkan produksi sehingga mampu memenuhi permintaan dari luar Papua," kata Jhon kepada wartawan, di Jayapura, Rabu (15/3/2017).

Menurut ia, kini petani lokal kakao di Papua hanya dapat memproduksi 1,2 ton  biji kakao saja, padahal untuk memenuhi permintaan dalam negeri saja dibutuhkan sekitar 750 ton. Untuk itu, kami terus berupaya mendorong petani untuk meningkatkan produksi.

Ia akui, pengembangan kakao di Papua biasanya terkendala serangan hama sehingga dengan adanya gerakan massal tiada hari tanpa perawatan dan pemeliharaan tanaman kakao diharapkan dapat meningkatkan produksinya.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty mengatakan Pemerintah Provinsi Papua terus mendorong para petani lokal untuk mengembangkan komoditas kopi dan kakao, hal ini dalam rangka mempersiapkan diri memenuhi permintaan pasar.

Menurutnya, harga kakao saat ini mencapai Rp29 ribu per kilo, apalagi infrastruktur jalan sudah bagus di wilayah Mamta.

Untuk pengembangan dua komoditas ini, ujarnya, wilayah Mamta sangat strategis untuk kakao. Sementara wilayah Pegunungan Papua sangat baik untuk kopi. (*)
 

loading...

Sebelumnya

7 kabupaten terima bantuan mesin pengolah buah merah

Selanjutnya

Gubernur Papua: E-Government baru langkah awal perbaikan tata kelola

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe